Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Tips Sukses Usaha Sablon Digital

 

Saat ini banyak pilihan usaha yang bisa digeluti sebagai usaha utama atau usaha sampingan. Usaha yang berkaitan dengan pakaian merupakan usaha yang dari dulu hingga sekarang selalu berkembang mengikuti trend fashion.

Industri pakaian sepertinya tidak akan ada surutnya malah semakin hari semakin banyak ide kreatif yang dijadikan peluang usaha dalam industri ini.

Pakaian dibutuhkan setiap manusia tidak pandang usia, tua muda memerlukannya. Oleh karena itu usaha pakaian akan selalu dibutuhkan. Demikian pun dengan pakaian yang berbahan adem dan nyaman dipakai sehari-hari, yaitu kaos oblong. Siapa yang tidak menyukai memakai kaos oblong? Pasti suka karena jenis pakaian ini sangat nyaman dikenakan.

Kaos oblong banyak pilihan warnanya. Biasanya kaos oblong berbahan katun campuran dengan bahan lain. Potongannya yang simple membuatnya banyak disukai kalangan tua muda. Menjadi hal yang lumrah melihat banyak orang menggunakan kaos oblong dimana-mana. Namun kaos oblong juga bisa dibuat dengan tampilan berbeda misalnya ditambahkan gambar atau kata. Biasanya untuk keperluan seragam acara tertentu atau custom sesuai permintaan pembeli

Proses menambahkan gambar atau kata pada kaos oblong inilah yang disebut sablon. Dahulu sablon dilakukan secara manual namun sekarang zaman digital maka sablon pun sudah bisa dilakukan secara digital. Yaitu proses mencetak design pada media kaos menggunakan alat cetak yang terhubung dengan komputer.

Usaha sablon digital pun mulai banyak dilirik terutama oleh kalangan anak muda. Hal ini dikarenakan biasanya yang menyukai kaos oblong adalah anak muda walau ada juga pelanggannya dari kalangan umur dewasa. Ya kaos oblong memang pakaian segala umur.

Untuk membuka usaha sablon digital ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar usaha sablon digital bisa sukses. Adapun tips-tipsnya adalah sebagai berikut :

Modal usaha

Ini bisa dibilang penting bagaimana usaha bisa berjalan tanpa ada modal. Usaha sablon digital pun memerlukan modal yang digunakan untuk membeli peralatan sablon digital, mengaji karyawan, sewa tempat usaha dan membeli bahan baku. Tipsnya adalah hitung modal secara cermat dan mulai gunakan administrasi yang tertib agar bisa diketahui modal yang dikeluarkan dan laba yang diperoleh.

Lokasi usaha

Untuk melakukan kegiatan sablon digital perlu suatu tempat yang memadai agar proses produksi nyaman dilakukan. Lokasi juga harus strategis dan mudah dijangkau.

Peralatan sablon digital

Peralatan yang diperlukan adalah perangkat komputer/laptop, mesin cetak, tinta, alat press. Penggunaan peralatan ini harus dikontrol dan ada jadwal maintenancenya agar peralatan tidak cepat rusak dan lancar menopang proses produksi.

Desain

Buatlah desain yang menarik, up to date dan unik. Selalu cari referensi desain yang sedang trend agar pelanggan merasa senang dengan hasil desain yang dibuatkan. Sesuaikan design dengan warna kaos yang dipilih.

Sediakan kaos oblong yang berkualitas bagus

Media sablon digital biasanya pada kaos oblong polos. Sediakan berbagai jenis warna dan ukuran dan bahan dengan kualitas bagus. Modelnya bisa tangan panjang atau tangan pendek.

Usaha sablon digital harus ditekuni dan selalu update ilmu, jangan malu belajar karena usaha yang berkaitan dengan pakaian selalu berkembang dan mengeluarkan trend-trend baru. Jangan sampai tidak update, nanti kalah bersaing.