Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

9 Usaha Yang Cocok Di Tempat Sepi

Kebanyakan usaha berada ditempat yang ramai, berada di lokasi yang strategis dan berada di kota. Usaha-usaha banyak bermunculan di tempat ramai seperti perumahan, pasar, daerah sekolah dan universitas.

Jenisnya bermacam-macam mulai dari usaha pengadaan sembako, kuliner, fotocopy dan ATK, kecantikan dan kesehatan.

Usaha ditempat ramai bisa menjaring pelanggan dengan mudah. Permintaan untuk mencukupi kebutuhan pelanggan bisa dengan mudah dipenuhi. Di setiap sudut tempat banyak berdiri tempat usaha.

Namun apa jadinya jika ditanya usaha apa yang cocok ditempat sepi, sepertinya membingungkan nya, usaha di tempat sepi apa bisa berkembang, dan apakah ada yang membelinya. Mungkin itu pikiran sebagian orang. Tetapi nyatanya ada usaha yang bisa dibuat di tempat sepi.

Pengertian tempat sepi adalah tempat yang jauh dari keramaian, bisa di pinggir kota atau desa, jauh dari lingkungan perumahan penduduk dan tidak tinggi mobilitas keluar masuk orang ke tempat tersebut. Atas pengertian ini mungkin sudah terbayang usaha apa yang cocok di tempat sepi.

Baiklah biar jelas mari kita jabarkan usaha apa saja yang cocok di tempat sepi.

Peternakan Ayam

Usaha peternakan ayam sangat cocok didirikan di tempat yang sepi jauh dari perumahan penduduk. Bau kotoran ayam dan limbah yang dihasilkan dari peternakan tidak tercium sampai ke perumahan penduduk dan memang ini sudah ada aturannya yaitu jarak minimal peternakan ke rumah penduduk minimal 1000 meter. 

Namun jangan kuatir untuk masalah penjualan ayam maupun telurnya karena anda bisa bekerja sama dengan penjual atau pedagang ayam potong dan telur di pasar. Anda bisa mengantar hasil panen ke tempat pedagang.

Peternakan sapi

Usaha peternakan sapi memerlukan lahan yang luas dan banyak sumber makanan sapi yaitu rumput. Untuk itu lokasi yang cocok untuk ternak sapi adalah di tempat yang sepi dan jauh dari pusat kota.

Biar jauh lokasinya namun tetap dicari oleh pembeli karena ada kebutuhan akan daging sapi setiap harinya.

Peternakan kambing

Sama dengan ayam dan sapi, peternakan kambing pun membutuhkan lahan yang luas dan tersedianya sumber makanan kambing. Biasanya ternak kambing di lakukan di daerah pinggiran kota atau desa.

Hasil ternak kambing bisa dijual di pasar ternak dan untuk kebutuhan kurban pada hari raya Idul Adha.

Budidaya lele

Ikan lele merupakan ikan yang sangat populer dan banyak disukai. Ikan lele sering dijadikan santapan sehari-hari, harganya yang relatif murah dan mudah sekali ditemui. Budidaya ikan lele juga tidak sulit untuk dilakukan dan cepat waktunya.

Untuk budidaya lele memerlukan kolam-kolam besar maka diperlukan lahan yang luas yang hanya bisa dengan mudah ditemui di tempat yang jauh dari kota alias di tempat sepi. Hasil ternak lele ditampung oleh pedagang lele di pasar untuk industri makanan seperti pecel lele.

Tempat wisata

Saat ini wisata alam sedang booming, apalagi ditengah situasi pandemi seperti ini yang membutuhkan asupan udara segar agar imun tubuh tetap terjaga baik.

Tempat wisata alam yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan rimbunnya pepohonan banyak ditemukan di daerah-daerah yang jauh dari pusat keramaian kota. Ke arah gunung atau pantai. Tentu saja daerah yang menjadi objek wisata ini biasanya adalah daerah sepi yang bahkan masih jarang ada penduduknya.

Pertamini

Usaha ini bisa menjadi peluang usaha yang bagus dan menguntungkan jika dibuka di daerah yang jauh dari kota. Masyarakat sekitar yang membutuhkan bahan bakar bagi kendaraannya tidak perlu jauh-jauh pergi ke kota, cukup membelinya di pertamini.

Budidaya tanaman organik

Saat ini gaya hidup sehat sudah menjadi trend dikalangan masyarakat kita. Kebutuhan akan sayuran dan buah cukup tinggi dan banyak juga yang lebih memilih sayuran dan buah organik, yaitu tanaman yang tidak menggunakan pupuk kimia dalam proses tumbuh kembangnya namun memakai pupuk yang berasal dari alam. 

Tanaman organik cocok di budidayakan pada lahan yang luas di daerah dataran tinggi dengan suhu udara yang dingin sesuai dengan kebutuhan tanaman.

Daerah dataran tinggi jauh dari pusat kota dan berada pada daerah yang sepi. Namun hasil panen sudah ada yang menampungnya biasanya adalah supermarket dan toko buah.

Usaha makanan khas daerah

Membuka usaha makanan khas suatu daerah yang biasanya di jadikan oleh-oleh bagi pendatang tidak selalu harus di buka di tempat yang ramai. Di tempat sepi pun bisa dilakukan. Ketersediaan bahan baku membuat makanan tersebut bisa juga dengan mudah ditemukan di daerah pinggiran.

Contohnya adalah makanan khas dari Lampung yaitu kerupuk pisang. Bahan bakunya yaitu pisang tentu lebih mudah ditemui di daerah pedesaan karena di sana banyak petani pisang. Untuk pemasaran keripik pisang bisa bekerjasama dengan toko oleh-oleh yang ada di pusat kota dan tempat wisata.

Dengan beberapa contoh usaha di atas semoga bisa menjadi inspirasi bagi pembaca, bahwa di tempat sepi pun ada peluang usaha yang bisa di jadikan sumber penghasilan. Semua usaha bisa dilakukan di manapun dengan perhitungan bisnis yang cermat.