Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

7 Tips Sukses Usaha Aquascape

Aquascape mulai naik daun seiring dengan semakin bertambahnya penggemarnya. Terutama di masa pandemi ini yang menghimbau agar lebih banyak dirumah sehingga banyak yang mencari hobi atau kegiatan yang bisa menghilangkan kesuntukan selama tinggal dirumah. Salah satu yang dilirik adalah aquascape.


Tantangan untuk bisa membuat dekorasi atau desain di dalam aquarium dengan menggunakan berbagai unsur seperti kayu, batu hias, tanaman hias dan hewan hias seperti ikan, udang dan keong laut, membuat semacam rasa penasaran. 

Para hobbies ini mulai mengumpulkan unsur-unsur tersebut dan memasukkannya ke dalam aquarium sehingga menjadi sebuah pemandangan bawah air yang unik dan cantik.

Kegiatan membuat aquascape melahirkan sebuah peluang usaha yang bisa memberikan keuntungan. Peluang usaha aquascape terbagi dalam beberapa kategori yaitu menyediakan jasa set up aquascape, penyediaan berbagai keperluan pembuatan aquscape, budidaya tanaman hias dan hewan hias.

Anda bisa memilih ingin memulai dari kategori yang mana sehingga bisa fokus di awal merintis usaha. Ini merupakan salah satu tips agar usaha aquascape anda sukses.

Beberapa tips lain yang kiranya diperlukan dalam memulai dan mengolah usaha aquascape adalah :

Pelajari ilmu dan teknik aquascape

Tanpa ilmu pengetahuan yang cukup memulai usaha ini rasanya sangat riskan. Anda harus tau jenis tanaman apa yang cocok dan bagaimana awal menanamnya di dalam aquarium.

Media tanam apa yang cocok, dan seberapa perlunya tanaman tersebut terhadap sinar matahar, hewan hias apa yang cocok untuk aquascape dan bagaimana perawatannya. Semuanya harus anda kuasai sebelum memulai usaha ini. Walau nanti sambil berjalan anda bisa update ilmunya namun pad tahap awal tetap harus mempunyai skill tentang aquascape.

Pelajari desain yang unik

Untuk membuat aquascape diperlukan suatu desain sebagai arahan untuk memasukkan unsur-unsur aquascape. Desain membuat tema pemadangan yang akan ditampilkan.

Ilmu desain ini bisa dipelajari secara internet, mengikuti forum-forum atau kelas desain aquascape yang bisa ditemukan di beberapa komunitas penggemar aquascape. Menguasai desain dan mampu membuatnya real bisa mengangkat nama anda sebagai pembuat aquscape yang layak diperhitungkan.

Terapkan uji coba

Jam terbang anda dalam membuat aquascape bisa menjadi promosi yang menguntungkan. Untuk itu lakukan uji coba untuk sebuah desain yang anda ciptakan sampai benar-benar menghasilkan karya seni yang bernama aquascape.


Pelajari teknik-teknik budidaya hewan hias dan tamanan hias

Jika ingin fokus pada usaha aquascape dalam hal penyediaan tanaman hias dan hean hias maka perlu sekali mempelajari imu budidayanya. Jika sudah berhasil maka anda akan bisa menjadi supplier bagi para pembuat aquascape.

Promosi

Usaha yang dirintis perlu diperkenalkan kepada masyarakat luas agar diketahui dan bisa mendatangkan minat penggemar aquascape untuk datang membeli keperluan pembuatan aquascape.

Promosi bisa dilakukan secara offline misalnya dengan memasang plang nama, spanduk yang terlihat dan mudah dibaca, secara online bisa melalui media sosial dan marketplace. Promosi ini harus tepat sasaran jangan membuang uang untuk hal yang tidak membuat usaha kita terkenal.


Selalu ada cara jika sudah ada niat. Dengan terus mengembangkan diri dan keterampilan maka usaha bisa terus berkembang dan jauh dari kata gagal. Hasil akan mengikuti usaha. Ok sekian dulu tips kali ini, semoga membantu.