Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengetahui Modus PENIPUAN kelebihan transfer

Penipuan online pada dasarnya mencari celah agar korban mempercayai aksi mereka. Seperti yang sedang marak terjadi saat ini adalah Modus PENIPUAN kelebihan transfer uang.

Aksi penipuan kelebihan uang transfer sebetulnya bisa diketahui dengan mudah asalkan kita peka dan memahami sesuai logika. Dibawah ini akan diulas lengkap cara mengetahui modus penipuan kelebihan uang transfer dan solusi agar uang kembali

Modus Penipuan Kelebihan Transfer

Pelaku penipuan kelebihan uang transfer melakukan aksi dengan memberikan bukti transfer palsu yang sudah di edit.

Awalnya, Pelaku menghubungi kita dengan berpura-pura membeli produk atau barang, atau berupa donasi bantuan.

Kemudian Pelaku akan meminta kita mengirimkan Nomor rekening beserta nominal harga barang atau produk yang mereka (Pelaku) pesan. 

Kemudian Pelaku akan membuat dokumen atau foto bukit transfer Palsu yang sudah di edit. Lalu mengirimkan kepada kita bahwa mereka sudah transfer sejumlah uang tetapi nominalnya dilebihkan saat mereka membuat bukti palsu.

Pada saat mereka mengirimkan bukti kelebihan transfer itulah, Pelaku akan langsung menghubungi kita untuk meminta kelebihan tersebut supaya di kirim ke mereka.

Pada saat inilah terkadang kita lalai, Banyak yang tertipu karena sudah diberikan bukti transfer oleh pelaku padahal itu palsu.

Cara Mengetahui Modus Penipuan Kelebihan Uang Transfer

Ada 2 cara untuk mendeteksi dan mengetahui bahwa modus kelebihan transfer itu adalah penipuan, Yaitu:

1. Jangan Langsung Percaya

Saat pelaku memberikan Bukti Transfer maka kita harus melakukan pengecekan saldo atau mutasi rekening kuta terlebih dahulu, Jangan langsung percaya walaupun pelaku mengirimkan bukti transfer seperti asli.

Bagi yang memiliki Mobile Banking bisa Langsung cek mutasi dari Hp

Bagi yang tidak memiliki Mobile Banking Bisa ke ATM terlebih dahulu untuk memastikan saldo kita bertambah apa tidak.

2. Saat Pelaku sibuk minta kelebihan uang transfer

Usahakan melakukan video call dan screenshot wajah pelaku. Tapi sebaiknya sebelum melakukan video call minta dahulu nomor rekening mereka, Agar jelas.

Biasanya pelaku penipuan ini menggunakan rekening orang lain sebagai foto screenshot palsu, Sedangkan pada saat mereka meminta kita transfer maka oknum penipu akan memberikan nomor rekening asli yang mereka pegang