Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

3 Pekerjaan Untuk Anak Lulusan SMA yang Paling Menghasilkan

Di tengah dunia pekerjaan yang begitu sengit, tak ayal banyak anak lulusan SMA yang merasa jiper dulu. Hingga mereka pun berpikiran negatif tidak bisa mendapatkan pekerjaan. 

Padahal, bukti nyata mengatakan banyak orang bisa sukses hanya dengan ijazah SMA atau lulusan SMA saja. Jadi jangan patah semangat bagi kalian lulusan SMA yang saat ini tengah bersaing dalam mendapatkan pekerjaan.

Memang sudah tidak asing sejak dulu bahwa anak lulusan SMA itu biasanya melanjutkan studi ke bangku kuliah. Ini berbeda dengan anak lulusan SMK yang biasanya langsung terjun ke dunia kerja karena setidaknya sudah mempunyai skill dalam beberapa bidang tertentu.

Namun, bagaimana jika anak lulusan SMA tersebut belum mempunyai biaya yang cukup untuk melanjutkan studi. Mau tidak mau mereka harus berjuang mencari pekerjaan di tengah persaingan yang sengit.

Namun, tenang saja gelar pendidikan bukanlah penentu kesuksesan seseorang hal ini hanyalah sebagai penunjang. Hal yang terpenting adalah bakat, keterampilan dan keahlian yang dimiliki ini bisa dipakai dalam hal mendapatkan pekerjaan, bahkan di perusahaan bonafit sekalipun.

Tidak heran ada banyak perusahaan yang mau merekrut anak lulusan SMA yang nantinya agar dapat dibimbing. Seperti berikut ini adalah beberapa pekerjaan yang cocok untuk anak lulusan SMA:

1. Kasir

Pekerjaan untuk anak lulusan SMA yang pertama yaitu kasir. Biasanya posisi untuk menjadi seorang kasir ini tidak membutuhkan gelar sarjana, cukup lulusan SMA atau SMK. Banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kasir hanya perlu orang yang jujur, teliti dan mampu berhitung.

Mengingat pekerjaan kasir ini berkutat dalam memegang uang jadi harus mempekerjakan orang yang jujur dan teliti dan lulusan mungkin tidak terlalu diutamakan.

2. Customer Service

Selain menjadi kasir, pekerjaan lain untuk anak SMA adalah menjadi seorang customer service. Pasalnya, banyak perusahaan yang menjual barang atau jasa membutuhkan tenaga layanan customer service.

Kemudian tugasnya adalah melayani calon atau para pembeli yang ingin tahu produk atau jasa yang dijual. Selain itu mereka juga harus mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, jadi ijazah atau lulusan tidak menjadi soal juga.

3. Techincal Support

Untuk anak lulusan SMA tidak memungkinkan mereka juga bisa melamar pekerjaan menjadi seorang techincal support dalam sebuah perusahaan.

Sebagai informasi, tugas dari pekerjaan ini adalah memberikan pemahaman kepada pelanggan terhadap produk atau jasa yang dijual perusahaan tempat kalian bekerja.

Biasanya pembeli akan menanyakan spesifikasi sebuah produk atau jasa baik dari segi kelebihan atau hal lainnya. Nanti kalian tinggal menjawab sesuai dengan guidance dari perusahaan dan biasanya akan ada pelatihan lebih dulu sebelum kalian diterjunkan ke lapangan.