Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Melihat Pesan yang Telah Dihapus Di WA

Salah satu aplikasi yang paling banyak dipakai oleh pengguna smartphone untuk berkomunikasi adalah WhatsApp atau biasa disingkat WA. Aplikasi ini menyediakan fitur yang sangat mudah untuk dioperasikan. WA dengan logo berwarna hijau sudah sangat familiar digunakan oleh siapapun pengguna telepon pintar.

Setiap Smartphone saat ini sudah ada aplikasi WA ataupun kalo belum ada anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store, kemudian anda isi no kontak dan nama dan terciptalah akun WA anda.

Fitur yang ada dalam WA semakin canggih tetapi mudah dipahami bahkan oleh anak-anak sekalipun. Aplikasi WA membantu untuk saling mengirimkan pesan, dokumen, stiker, foto, video, no kontak, dan melakukan panggilan telepon.
Semua pesan masuk, file atau dokumen termasuk video bisa langsung diteruskan ke sesama pengguna WA, bahkan dengan WA memungkinkan membuat group bersama antara beberapa no kontak. Sangat membantu urusan kita, tidak perlu membuka banyak aplikasi hanya cukup 1 saja yaitu WA.

Namun ada kalanya kita salah mengirimkan pesan kemudian kita hapus atau tanpa sengaja pesan masuk terhapus dan pesan tersebut ingin dilihat lagi. Jangan panik jika ini terjadi pada anda. Pesan-pesan terhapus tersebut bisa anda munculkan lagi dengan beberapa cara. Apa saja caranya, yuk simak penjelasan berikut ini.

Untuk memunculkan pesan yang telah terhapus di WA bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan bantuan dari aplikasi lain atau tanpa bantuan aplikasi lain cukup dengan menggunakan menu pengaturan yang ada di WA.

Jika ingin menggunakan bantuan aplikasi lain ada beberapa aplikasi yang bisa digunakan, anda tinggal mengunduhnya di Google Play Store.

Aplikasi bantuan ini yang paling banyak dipakai adalah:

Notification History Log
Recent Notification

Setelah diunduh, pilih tombol Notification History, kemudian cari notifikasi Whatsapp, maka pesan yang terhapus dapat kembali dibaca dibawah android text.

Untuk yang tidak menggunakan aplikasi bantuan, bisa menggunakan menu pengaturan yang ada di WA. Ada beberapa cara yang bisa digunakan yaitu :

Instal ulang aplikasi WA

Untuk melihat pesan yang terhapus, uninstall terlebih dahulu aplikasi WA, kemudian instal kembali. Pada saat log in akan terlihat opsi Restore, klik opsi tersebut maka semua percakapan akan kembali bisa dibaca.

Cadangkan pesan

Pada WA ada menu untuk pengaturan cadangkan pesan. Jika memilih menu ini maka pesan-pesan akan disimpan pada memori atau pada Google Drive. Tinggal pilih opsi waktu kapan pesan percakapan ingin dicadangkan.

Ekspor chat

Mungkin jarang pengguna WA yang mengetahui menu pengaturan ini, karena pesan yang disajikan dalam bentuk format.txt. Namun menu ini bisa membantu membaca kembali pesan yang terhapus.

Menu ini hanya bisa digunakan untuk eskpor chat per satu riwayat pesan antar pengguna. Pilih kontak mana yang ingin riwayat pesannya di simpan atau dicadangkan. Opsi penyimpanan bisa di Google Drive atau email.

Itulah cara-cara yang bisa digunakan agar pesan yang terhapus di WA dapat dibaca kembali. Semoga membantu.