Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara menghitung bunga deposito 50 juta

Bagi anda yang terbiasa menikmati tabungan dan belanja menggunakan deposito melalui bank tentu sudah tahu apa itu deposito.

Deposito adalah uang yang disimpan di dalam rekening, uang deposito ini biasanya memiliki waktu tertentu dalam masa pakai nya dan tidak dapat dicairkan atau ditarik oleh nasabahnya. Deposito dapat ditarik sesuai dengan tanggal jatuh Tempo nya.

Jatuh tempo uang didalam deposito biasanya 1,3,6 hingga 12 bulan, dan apabila deposito dicairkan sebelum masa jatuh tempo nya akan terkena penalti sesuai dengan kebijakan bank tersebut.
Penalti tersebut dilakukan oleh pihak bank untuk menghindari resiko jika nasabah tidak sabar untuk mencairkan dana yang diinvestasikan ke dalam bentuk deposito. Hal ini adalah bentuk kesepakatan bersama.

Namun jika anda menginvestasikan uang kedalam bentuk deposito ke dalam bank maka anda harus pahami bunga yang didapat, maka dalam kasusnya kita contoh kan dengan perhitungan bunga deposito sebesar 50 juta di bank BRI.

Gambaran ini juga berlaku bagi bunga bank yang lainnya hanya saja menyesuaikan kebijakan dan peraturan diantara bank lainnya, mari simak ulasan berikut ini:

Kami mendapatkan informasi dari artikel deposito bank BRI dengan bunga terbaru sebesar 3,25% dan bagaimana simulasi hitung nya.

Bunga deposito terkini untuk nominal jumlah uang sebesar Rp 10 juta sampai Rp 2 milyar adalah 3,25%. Dan berikut ini adalah cara menghitung bunga deposito sebesar Rp 50 juta bank BRI.
  • Misalkan dana deposito awal sebesar Rp 50.000.000,-
  • Dengan tenor bulanan sebesar 3 bulan.
  • Dengan suku bunga deposito tahunan sebesar 3,25%
  • Maka pajak bunga deposito sebesar 20%
  • Maka dapat dirumuskan bunga deposito BRI setiap bulan adalah 3,25% x Rp 100.000.000 x 80% / 365 hari = Rp 108.334,-
Maka didapati bunga sebesar Rp 108.334 setiap bulannya untuk deposito di bank BRI, namun simulasi ini bisa saja berubah di setiap bulannya atau tahunnya sesuai kebijakannya dan peraturan masing-masing bank, demikian cara menghitung bunga deposito 50 juta yang dapat kami rangkum, semoga bermanfaat.