Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memilih Asuransi yang Tepat, jangan Gegabah!

Saat orang sudah bekeluarga pasti harus memikirkan investasi untuk masa depan. Apalagi dalam hal kesehatan karena kita tidak tahu ke depannya tubuh ini mungkin saja mengalami penurunan.

Sebagai manusia biasa pun kita juga tidak dapat memprediksi apa yang akan terjadi di masa depan dalam kehidupan kita. Oleh karena itu, selagi kita masih sehat dan mampu bekerja sangatlah penting untuk menginvestasikan sebagian upah.

Hal ini tentunya untuk menghindari adanya risiko yang mungkin terjadi. Sehingga kita harus mengambil langkah dan solusi yang tepat demi masa depan.
Untuk investasi tepat di masa tua yang bisa kita pilih salah satunya adalah asuransi. Di Indonesia sendiri ada banyak produk asuransi yang menawarkan berbagai macam produk.

Pengertian asuransi adalah perjanjian antara dua belah pihak, di mana pihak satu berkewajiban membayar iuran atau premi. Sementara itu, pihak lainnya wajib memberikan jaminan secara penuh kepada pembayar iuran. 

Tujuan dari adanya asuransi adalah sebagai proteksi yang memberikan perlindungan baik dalam hal kesehatan, jiwa, keluarga hingga kendaraan. Oleh karena itu sangatlah penting untuk bagaimana cara memilih asuransi yang tepat seperti berikut.

1. Memilih Premi Asuransi yang Sesuai dengan Kemampuan Keuangan

Cara memilih asuransi yang tepat pertama adalah dengan memilih produk asuransi sesuai dengan kemampuan finansial kita.

Pasalnya banyak anak muda jaman sekarang yang memiliki gaya hidup terlalu tinggi hingga lupa untuk mempersiapkan masa depan. 

Padahal sangat penting bagi kita dalam mempersiapkan planning khususnya dalam bidang kesehatan dan jiwa agar tidak membebani orang lain. Kita bisa membuat anggaran untuk premi asuransi dan ini jangan sampai mengganggu keuangan kita.

2. Memilih Perusahaan yang Memiliki Track Record Bagus

Untuk asuransi jiwa khususnya, kita harus benar-benar memerhatikan track record dari perusahaan tersebut. Kita wajib memeriksa dari sisi keuangan perusahaan asuransi yang akan kita pilih apakah stabil atau tidak. Pasalnya asuransi jiwa ini memakan waktu yang tidak pendek jadi butuh suatu kepercayaan penuh atau trust.
 
Untuk lebih lanjut kita bisa memeriksanya perusahaan asuransi itu apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau tidak.

3. Memilih Produk Asuransi yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Cara memilih asuransi yang tepat lainnya adalah tentunya sesuai dengan kebutuhan kita. Ada banyak produk asuransi yang bisa kita pilih mulai dari Asuransi Kesehatan, Asuransi Jiwa, Asuransi Pendidikan hingga Asuransi Kendaraan.

Kemudian sebaiknya kita jangan membeli produk asuransi yang memiliki fitur tambahan. Ini karena dapat menyebabkan harga premi atau iuran justru meningkat.