Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

5 Tips Usaha Angkringan Agar Ramai

Warung angkringan merupakan sebuah warung menggunakan gerobak kayu, biasanya warung semacam ini banyak ditemui ketika kita ke Jogja, Klaten, Solo dan sekitarnya dan akan semakin rata khususnya di daerah jawa pasti kalian akan lebih gampang menemukan warung Angkringan ini.

Bisnis angkringan ini mulai memiliki eksistensi di kota-kota besar seperti Bandung, Cimahi, Jakarta, Surabaya, Semarang, Denpasar, Kebumen, Salatiga, Pemalang, dan daerah lainnya.

Selain gerobaknya yang memiliki ciri khas menu yang dijual di warung angkringan ini lain dari pada yang lain. Menu yang bisa kalian nikmati jika berkunjung ke warung angkringan ini meliputi Sego kucing / nasi kucing.

Untuk pelengkap nya nasi kucing bisa dinikmati dengan lauk yang sudah tersedia seperti sate usus / hati / ampela, ayam goreng, sate telur puyuh dan lain sebagainya. Untuk minuman nya warung angkringan ini menyediakan minuman tradisional seperti teh, kopi dan wedang jahe.
Membuka angkringan tentunya bisa menggunakan modal yang kecil tapi bukan berarti keuntungan yang akan kalian dapat juga kecil. Kalian bisa meraup keuntungan berlipat-lipat dari bisnis angkringan ini loh. Jadi tunggu apa lagi untuk kalian yang berminat membuka warung angkringan dan penasaran mengenai tips agar usaha angkringan kalian laris dan sukses berikut ulasan nya:

Pilih Lokasi Jualan yang Strategis

Lokasi yang tepat akan sangat berpengaruh bagi usaha kalian. Tips nya adalah pilihlah lokasi yang dengan pangsa pasar. Misal, kalian membuka warung angkringan dekat terminal, pasar, sekitar permukiman mahasiswa, pusat kantor, kampus, ataupun di tempat wisata.

Menentukan Konsep Angkringan

Tentukan konsep warung angkringan yang akan kalian buka, model sederhana kah, kekinian/modern. Pada umumnya konsep angkringan sederhana biasanya hanya menggunakan gerobak kayu yang ditutup dengan terpal dengan kapasitas 8 orang pembeli.

Kekurangan dari konsep sederhana adalah tidak bisa menjaring banyak pelanggan. Kemudian untuk konsep kekinian / modern tentunya kalian akan dengan mudah menjaring konsumen anak-anak muda jaman sekarang yang perilakunya lebih konsumtif. Kalian bisa lengkapi dengan fasilitas seperti Wifi, televisi dan permainan monopoli misalnya.

Tonjolkan Menu yang Unik dan Spesial

Menu yang ada di warung angkringan tentunya sangatlah beragam, mulai dari makanan tradisional hingga seafood bakar. Untuk variasi menunya kalian bisa menambahkan menu baru atau cara penyajian dengan cara yang unik seperti menyediakan menu sambel pete/jengkol. Dilengkapi dengan kopi dengan penyajian ala barista yang tidak ditemukan di warung angkringan lainya.

Menjaga Kebersihan Gerobak dan Sekitarnya

Ketika kalian membuka usaha makanan tentunya kebersihan menjadi hal yang sangat penting. Salah satunya kebersihan gerobak yang menjadi sasaran kalian untuk berjualan.

Bayangkan jika gerobak kalian kotor tentunya pembeli pun akan berpikir 1000x untuk mampir di angkringan kalian. Jika angkringan kalian menggunakan meja dan tempat duduk lesehan pastikan tidak ada sisa makanan ketika ada konsumen yang berkunjung ke angkringan kalian.

Memberikan Pelayanan yang Baik

Selain kebersihan, seorang penjual wajib memberikan pelayanan terbaik bagi setiap konsumennya. Selain menu yang enak dan variatif kalian juga harus bersikap baik dan ramah pada konsumen. Dengan begitu konsumen akan nyaman dan berlama-lama sambil bersantai menikmati makanan yang kalian jual.

Jika konsumen merasa nyaman dilengkapi dengan menu yang enak biasanya konsumen tidak akan segan untuk kembali lagi ke angkringan kalian dan menjadi pelanggan tetap kalian nantinya.