5 Tips Sukses Usaha Rongsokan khusus Pemula

Ada yang pernah menganggap remeh usaha rongsokan karena dianggap bekerja di tempat yang kotor? Kamu jangan dulu underestimate tentang usaha ini, karena banyak orang yang sukses berasal dari rongsokan bahkan bisa mengalahkan gaji orang kantoran dan bahkan PNS sekalipun.

Melihat banyaknya kisah sukses orang dari rongsokan tentu banyak yang bertanya bagaimana cara mengolah barang rongsokan yang pecah, tidak terpakai, rusak dan bahkan tidak memiliki nilai tetapi nyatanya Ada banyak keuntungan dibaliknya.

Kunci dari sukses nya usaha rongsokan ini tentu tidak boleh coba-coba dan harus dijalankan dengan sepenuh hati dan keyakinan yang penuh. Jika kamu sudah memiliki bekal tersebut mari kita simak tips sukses nya.

1. Memilih Tempat Usaha
Selain modal, hal hang harus kamu persiapkan adalah lokasi atau tempat menampung rongsokan. Lokasi ini harus memiliki akses yang lebar karena untuk memudahkan para penjual rongsokan untuk membawa barang rongsokannya.

Tidak hanya akses, tempat penampungan juga harus lumayan Luas karena ada rongsokan yang memiliki kapasitas yang besar sehingga membutuhkan tempat yang Luas. Misalnya saja ada yang menjual drum.

2. Fokus

Kamu harus fokus dengan bidang rongsokan sebagai pengepul, artinya kamu yang memgambil barang-barang dari pengepul lainnya atau kamu yang membeli barang rongsokan dari banyaknya orang yang mencari rongsokan. Dengan begitu kamu bisa menentukan harga sesuai dengan profit yang ingin kamu dapatkan.

3. Kenali Harga dan Jenis Rongsokan

Bagi kamu yang pemula, maka kamu harus tau betul berapa harga yang harus di patok untuk berbagai Jenis barang rongsokan. Untuk itu kamu juga harus mengenal apa saja Jenis barang rongsokan agar kamu tidak keliru dalam penentuan harga.

Ada beberapa Jenis rongsokan yang mana harganya tidak bisa kamu sama ratakan.
  • Besi
  • Aluminium
  • Baja
  • Kaca
  • Plastik kresek
  • Plastik atom
  • Botol plastik
  • Kertas
  • Kardus
  • Karton
4. Pilih Karyawan Yang Tepat

Seperti pepatah memgatakan bahwa mencari orang Jujur itu susah. Sehingga yang menjadi PR kamu adalah mencari orang yang Jujur dan tanggung jawab karena karyawan yang tepat akan menentukan kesuksesan dari usaha rongsokan kamu.

Karyawan di rongsokan biasanya bertugas untuk memilah atau mengelompokan barang sesuai jenisnya sehingga barang tersebut siap untuk di antar ke pabrik.

Karyawan yang tidak jujur bisa saja menyembunyikan barang yang memiliki nilai jual tinggi untuk kepentingannya sendiri. Sedangkan kamu tidak bisa mengingat barang apa saja yang telah kamu beli.

5. Loyal Dengan Mitra

Yang akan menjadi Mitra kamu nanti sudah pasti para pencari barang bekas atau rongsokan seperti pemulung. Ketika mereka menjual barang nya ke mamu, maka kamu harus bersikap ramah atau loyal sehingga mereka akan terus menjual barang rongsokan tersebut ke tampat usaha kamu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel