Cara mengatasi ASI Macet

Cara atasi asi macet (Kontributor: Fida Al-Hikmah) 
Kehamilan merupakan hal yang sangat dinantikan oleh pasangan suami istri, dimana akan segera hadir buah hati antara pasangan tersebut.

Namun di zaman saat ini dalam proses kehamilan sampai dengan melahirkan bahkan mengurus bayi para suami belum begitu menyadari akan pentingnya saling bekerjasama. 

Perhatian bukan hanya diberikan kepada istri ketika memasuki masa kehamilan saja, dalam setiap proses sampai anak bertumbuh besar harus dalam perhatian suami dan kerjasama yang baik antara keduanya.

Setelah melahirkan para ibu memiliki kondisi fisik dan psikis yang sangat lemah sehingga mudah lelah bahkan stress.

Pada dasarnya ibu yang baru saja melahirkan membutuhkan perhatian cukup banyak dari sang suami karena kondisi tubuh yang masih butuh banyak istirahat, pikiran dan jiwa yang tenang.

Ibu yang baru saja melahirkan selain lemah fisik mereka juga baru saja menghadapi perjuangan yang luar biasa, biarkan istri istirahat lebih lama dan untuk sementara gantikan posisinya mengurus rumah.

Masalah lain yang dihadapi oleh para ibu yang habis melahirkan adalah asi seret, waduh kasian ya sudah lelah badan ditambah asi seret dan anak rewel.

Berikut cara mengatasi ASI seret, disimak ya.

1. Support suami

Dalam mengahadapi keadaan pasca melahirkan, support dari suami sangatlah penting, untuk meningkatkan semangat dan kepercayaan istri, karena pasca melahirkan istri akan mudah sekali tersentuh dan sensitive hatinya.

2. Suami menemani sang istri mengurus anak, dan rumah

Saat ini dikenal dengan baby blues ya dimana mental istri mendadak merasa belum siap menjadi ibu, kemudian muncul rasa takut berlebih sehingga menimbulkan sikap kasar kepada suami bahkan kepada istri, terlebih jika suami tidak membantu mengurus rumah.

Ingat ya istri sedang dalam keadaan yang belum stabil maka ringankan pekerjaannya mengurus rumah sementara waktu.

Jika bisa mengerjakan semua sendiri usahakan kerjakan jangan mengandalkan istri dulu, biarkan istri istirahat dengan cukup sampai semua kembali pulih dan normal.

3. Merasa bahagia

Para ibu pasca melahirkan memiliki perasaan yang sensitive jadi bunda harus bisa mengendalikan emosi ya dengan merasa bahagia Dan positif thinking.

Perasaan bahagia akan mengendalikan Hormon dalam tubuh sehingga memperlancar asi.

4. Makan sayur dan buah

Jangan lupa memakan sayuran ya bunda, seperti daun singkong, daun kelor, daun katuk, pare, dll.

Kemudian buah seperti: kacang tanah, jagung, kacang almond, bahkan makan tahu dan tempe sangat cepat memproses ASI loh.

5. Sering mengASIhi

Intensitas mengasihi juga berpengaruh, semakin kita sering mengASIhi maka ASI akan cepat terproses ya.

Demikian cara mengatasi asi yang seret.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel