Cara Buka Bengkel Ahass Honda dan Biayanya

AHASS adalah Bengkel Motor resmi sepeda motor Honda / Astra Honda Authorized Service Station yang memiliki lambang H2 untuk melakukan perawatan sepeda motor honda dan pelayanan after sales service di Indonesia, juga melayani pembelian spare part motor honda atau suku cadang asli Honda.

Berdasarkan Data AISI April 2018 PT. AHM berhasil mendistribusikan sebanyak 458.499 unit sepeda motor Honda. Atau secara persentase data AISI April 2018 PT. AHM berhasil mendominasi distribusi sepeda motor sebanyak 78,12% dari total penjualan sepeda motor yang ada di Indonesia.

Dengan kata lain, sebagian besar motor milik masyarakat Indonesia adalah Honda. Nah, jika Anda memilki dana untuk membuka usaha, kenapa tidak mencoba untuk membuka Bengkel resmi AHASS? Yang memiliki peluang omset yang tinggi.

Mari kita bahas cara membuka bengkel AHAAS plus biaya yang diperlukan.

1. Melengkapi Berkas Pengajuan

Ini adalah langkah awal yang harus Anda lakukan. Setiap daerah di Indonesia, memiliki main dealernya masing-masing. Anda harus mengajukan persyaratan untuk membuka bengkel AHAAS dan mengirimkannya ke main dealer daerah Anda.

Proses pengajuan proposal untuk membuka bengkel motor Honda Anda adalah sebagai berikut :
  • Mengajukan surat permohonan kerjasama kepada Main Dealer AHAAS di daerah Anda,
  • Mengirimkan foto gedung atau lokasi yang dijadikan bengkel, bisa milik sendiri atau kontrak,
  • Jika disetujui, pihak main dealer akan melakukan survei ke lokasi bengkel,
Kemudian, pada tiga bulan pertama, pemilik bengkel akan diberikan pembinan dan juga pengawasan dari pihak AHAAS untuk kemudian disetujui menjadi bengkel resmi AHAAS, jika sudah terpenuhi seluruh standarnya.

2. Siapkan Modal Usaha

Modal usaha ini meliputi, sewa lahan, biaya peralatan, parts dan pelumas, dan Biaya operasional. Jika diuraikan, maka estimasi biayanya adalah sebagai berikut :
  • Biaya sewa Ruko = Rp 50.000.000
  • Biaya peralatan = Rp 6.085.000
  • Biaya parts dan pelumas = Rp 6.500.000
  • Biaya operasional (3 bulan) = Rp 7.380.000
  • Biaya listrik dan telepon: Rp. 500.000
  • Biaya lain-lain: Rp 1.000.000
  • Total modal awal = Rp 69.965.000
Biaya operasional Terdiri dari

Upah dua orang karyawan untuk mekanik dan admin: Rp. 480.000,- X 2 = Rp. 960.000,- per bulan (1 mekanik dengan upah Rp.20.000,- perhari). 

Total biaya buka AHASS diatas sifatnya estimasi dan tidak Mutlak apalagi setiap darah memiliki perbedaan tarif. Untuk sewa lahan juga kurang belum dihitung biaya Instalasi. 

Demikian, cara dan biaya membuka bengkel AHAAS. Bagaimana? Anda tertarik untuk membuka bengkel AHAAS di kota Anda?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel