Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Begini Cara Dapat Bantuan UMKM paling Mudah

Pandemi yang belum usai dan malah semakin melonjak membuat orang mengalami penurunan finansial yang signifikan.

Banyak karyawan yang terkena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja), banyak yang diliburkan, dan di kalangan pedagang mereka mengalami penurunan ekonomi karena sepi nya pembeli. 

Dengan hal seperti itu, pemerintah ikut membantu perekonomian agar kembali pulih seperti semula. Salah satunya dengan memberikan berbagai bansos atau bantuan sosial.
Cara dapat Bantuan UMKM
Bansos yang paling terkenal yaitu bantuan UMKM. Dimana bantuan ini diperuntukkan atau diberikan kepada pelaku usaha-usaha kecil agar terus berkembang di masa sulit ini.

Untuk karyawan yang mengalami PHK juga banyak yang mendaftar bantuan ini. Saya juga ikut mendaftar bansos ini dengan harapan bisa mendapat bantuan modal usaha sebesar 2,4 juta rupiah. Nilai yang besar bukan? Tentu saja, makanya banyak orang yang daftar bansos ini.
 
Langkah pertama yang dilakukan adalah membuat Surat Izin Usaha apabila kita belum punya. Untuk surat izin tersebut saya membuatnya di kantor desa.

Setelah itu, menyiapkan berkas-berkas yang dibutuhkan seperti fc KTP, fc KK, formulir pendaftaran bantuan (kita bisa meminta formulir tersebut di lurah atau kepala dusun), fc surat izin usaha.

Ketika berkas sudah siap, maka kita ke kantor kecamatan untuk menyerahkan berkas tersebut agar ditandatangani oleh camat.

Jangan lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan ya. Pengumpulan berkas secara kolektif terbukti mampu dan dilakukan oleh para pendaftar bantuan.

Mungkin membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mendapatkan berkas yang telah ditanda tangani oleh camat.

Tujuan selanjutnya yaitu ke Dinas Perdagangan (Disperindag) untuk menyerahkan berkas yang telah siap agar dapat dikirim ke pusat.

Setelah proses selesai, kita tinggal tunggu notifikasi email apakah kita mendapat bantuan atau tidak.

Untuk saat ini ada cara yang paling mudah dalam mengecek bantuan tersebut yaitu dengan cukup buka link https://eform.bri.co.id/bpum

Kita tinggal masukkan nomor NIK dan kode yang sesuai pada link. Setelah itu akan muncul apakah kita menerima bantuan atau tidak.

Apabila menerima, tulisannya akan berwarna hijau dan berisi nama serta rekening kita. Kalau kita tidak menerima maka tulisan akan berwarna merah