10 Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami

Kerutan di wajah memang biasa terjadi karena salah satu proses penuaan pada wajah. Jadi selain faktor umur, kerutan ini juga bisa terjadi dengan kita ketika gaya hidup tidak sehat.

Keriput merupakan kondisi kulit yang sudah tidak merata lagi, hal ini terjadi secara alami. Namun setiap orang berbeda-beda, ada yang cepat dan ada yang lambat timbulnya keriput.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan timbulnya keriput seperti terlalu sering terkena paparan matahari, terlalu sering mencuci muka, stres secara emosional, kurang tidur, merokok, polisi udara dan masih banyak lagi faktor lainnya yang harus anda hindari agar tidak keriput terlalu dini.
 
Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami (foto labsatu.com)
Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami

Bagi kaum wanita, kerutan pada wajah sangat menggangu, sehingga tidak heran jika ada orang yang rela merogoh kocek cukup mahal untuk melakukan perawatan atau membeli cream yang harganya cukup mahal.

Nah, untuk anda yang tidak memiliki cukup uang untuk melakukan perawatan dan membeli skincare, berikut adalah cara murah dan sederhana yang bisa anda praktekkan.

1. Gunakan Minyak Zaitun

Anda bisa meminta wajah anda secara perlahan dengan menggunakan minyak Zaitun. Minyak ini memang memiliki banyak manfaat salah satunya untuk menghilangkan keriput pada wajah.

Minyak zaitun mengandung anti oksidan yang dapat mencegah penyebab kulit keriput. Selain itu kulit akan menjadi lembab sehingga tidak kering dan keriput.

2. Gunakan Masker Alami

Menggunakan masker berbahan alami sangat baik untuk digunakan agar terhindar dari efek samping.

Bahan alami yang bisa anda gunakan seperti putih telur, air perasan lemon dan madu. Semua bahan tersebut di campur hingga merata, setelah itu aplikasikan ke wajah anda.

3. Lidah Buaya

Setelah terpapar sinar matahari, anda bisa menggunakan gel lidah buaya yang dioleskan ke wajah. Lidah buaya buaya ini berfungsi agar kulit wajah menjadi sejuk sehingga terhindar dari keriput sejak dini.

4. Jangan Terlalu Sering Mencuci Wajah

Banyak yang beranggapan bahwa semakin sering cuci wajah maka akan semakin bersih. Namun hal itu salah, karena jika terlalu sering cuci wajah akan menyebabkan kulit kering yang merupakan faktor munculnya keriput. Lebih baik cuci muka 2 kali sehari yaitu pagi dan malam hari.

5. Istirahat Yang Cukup

Istirahat yang cukup dapat mencegah keriput karena ketika anda tidur maka kulit akan melakukan regenerasi. Dengan tidur yang cukup, tubuh akan memperbaiki kulit yang rusak. Tidur lah minimal 8 jam per hari.

6. Minum Yang Cukup

Meminum air putih yang cukup maka akan memenuhi kebutuhan tubuh agar tidak dehidrasi. Fungsi lain dari meminum air putih yang cukup adalah untuk menghilangkan keriput pada wajah karena jika anda kurang minum maka kulit akan menjadi kering yang menyebabkan keriput.

7. Jangan Stres

Ketika Anda stres maka kemampuan tubuh akan melawan hormon pemicu keriput menjadi buruk. Selain itu, kulit juga cenderung menipis saat dilanda stres. Untuk itu, apapun yang anda lakukan usahakan jangan stres.

8. Jangan Merokok

Jika anda menginginkan keriput hilang, maka jauhilah rokok karena rokok selain donat merusak paru-paru, ternyata dapat menyebabkan timbulnya kerutan.

Hal ini dikarenakan adanya radikal bebas yang muncul saat menghirup asap rokok. Radikal bebas dapat mengganggu molekul tubuh dan merusak sel-sel dalam kulit.

9. Konsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan yang bisa mencegah datangnya keriput adalah makanan bernutrisi yang mengandung anti oksidan, protein tinggi, zat besi, asam lemak omega 3, Vitamin A, Vitamin E yang biasanya terkandung dalam buah-buahan seperti alpukat, pepaya, semangka dan lainnya.

Jangan lupa untuk mengkonsumsi daging dan sayuran seperti tuna, salmon, tomat, timun dan lain sebagainya.

10. Gunakan Masker dan Cream Malam

Salah satu produk skin care yang wajib Anda gunakan di malam hari adalah krim malam, apalagi jika Anda mulai memasuki usia 20-an.

Jangan lupa juga untuk menggunakan krim dan serum mata untuk melembapkan area di sekitar mata. Anda dapat menggunakan krim khusus malam hari atau sleeping mask sebelum tidur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel