Cara Mengatasi Tabung Gas Yang Bocor dengan Mudah

Penggunaan tabung gas sudah merata di semua kalangan masyarakat, apalagi ada tabung gas 3 kg yang harganya masih terjangkau.

Semenjak adanya tabung gas ini, masyarakat sudah beralih dari yang tadinya menggunakan kayu bakar karena dirasa lebih simpel. Apalagi untuk kayu bakar sendiri sudah mulai susah untuk dicari.

Penggunaan tabung gas ini dirasa lebih efektif oleh masyarakat, namun terkadang ada rasa was-was karena banyak kejadian tentang tabung gas bocor sehingga menyebabkan kebakaran.

Meski sudah dilengkapi dengan regulator yang aman, namun kita harus tetap waspada dengan kemungkinan yang akan terjadi. Untuk itu ada cara u tuk mengatasi ketika anda mengalami tabung gas bocor.

1. Segera Cabut Regulator

Ketika anda sudah mengetahui adanya kebocoran pada tabung gas, segera cabut sebelum kebocoran tersebut bertambah parah.

Jika tidak segera di cabut maka maka gas akan semakin cepat meledak dan banyak gas terkumpul di ruangan sehingga membahayakan anda sendiri karena akan menghirup banyak gas.
 

2. Buka Ventilasi Udara

Jika regulatornya sudah anda cabut, maka segera buka ventilasi rumah anda atau dapur agar sirkulasi udara lancar dan gas yang bocor akan segera hilang.

Jika memungkinkan, bawa langsung gas keluar rumah agar tidak memicu adanya ledakan, karena jika tidak dibawa maka agas akan banyak terkumpul di dalam ruangan.

3. Hindari Dari Kontak Listrik

Jika anda sudah mengetahui adanya kebocoran pada tabung gas anda, maka segera matikan kompornya agar tidak memicu ledakan karena akan semakin banyak gas yang keluar.

Selain itu matikan semua yang berkaitan dengan jaringan listrik seperti lampu, hal ini juga bertujuan agar tidak memancing adanya ledakan.

4. Tutup Tabung Gas Dengan Kain Basah

Pada beberapa kasus atau bahkan mungkin terjadi kepada anda ketika ada kebocoran langsung ada percikan api di sekitar tabung. Maka anda harus tetap tenang dan ambil kain lalu basah kan, jika sudah langsung tutup di bagian permukaan tabung.

Dengan menutup menggunakan kain basah tersebut, maka akan membuat api padam sehingga tidak akan terjadi ledakan. Jadi tetap tenang untuk mengatasi hal tersebut agar lebih cepat dan tepat untuk mengatasi masalah kebocoran.

Sebelum terjadinya kebocoran tersebut maka anda harus memeriksa regulator secara berkala, biasanya kebocoran yang terjadi karena regulator sudah terlalu lama digunakan sehingga rapuh, selain itu juga kemungkinan ada keretakan pada regulator.

Untuk itu anda harus mengantisipasi hal tersebut dengan baik dan jika sudah terlihat tanda-tanda regulator tersebut rusak maka lebih baik anda mengganti regulator tersebut dengan yang baru.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel