Cara Memilih Wedding Organizer Agar Tidak Tertipu

Wedding Organizer (WO) sangat dibutuhkan ketika akan mengadakan perhelatan pernikahan dalam skala besar dan kebanyakan diadakan di gedung.

Peran Wedding Organizer (WO) sangat penting karena WO bertugas untuk memastikan acara berjalan dengan lancar dan sesuai harapan dari awal hingga akhir.

Media sosial pernah dihebohkan dengan kasus penipuan yang dilakukan oleh Wedding Organizer (WO), sehingga acara pernikahan yang diharapkan jauh dari impian karena tidak ada menu makanan yang tersedia.

Tentu hal tersebut jangan sampai terjadi kepada anda. Untuk itu anda harus berhati-hati dalam memilih Wedding Organizer (WO) agar tidak tertipu.

Berikut cara untuk memilih Wedding Organizer (WO) agar anda tidak tertipu

1. Meminta Rekomendasi Keluarga Atau Teman

Menanyakan tentang Wedding Organizer (WO) bisa anda lakukan kepada teman atau keluarga yang pernah menggunakan jasa WO, dengan begitu anda akan lebih yakin jika WO tersebut bertanggung jawab.

Saran dari teman atau keluarga sangat penting karena mereka lebih dulu menggunakan jasa WO dan pastinya mereka lebih paham tentang kinerja WO yang di rekomendasikan.
 
Oknum foto WO penipu

2. Perhatikan Track Record WO

Track record ini wajib anda ketahui agar anda dapat melihat catatan pekerjaan yang pernah ditangani oleh WO tersebut. Jika catatan pekerjaannya buruk, maka dapat dipastikan bahwa hasil kerjanya juga buruk, dan begitu juga sebaliknya.

Untuk melihat Track Record WO yang anda lirik, bisa anda lihat di sosial media dari WO tersebut. Di media sosial tersebut biasanya ada komentar tentang bagaimana kepuasan pelanggan yang pernah ditangani.

3. Survei Langsung ke Lokasi WO

Ketika anda sudah memiliki daftar WO yang anda lirik, maka langkah selanjutnya anda survei kecil-kecilan untuk memastikan kredibilitas dari WO tersebut.

Anda bisa menanyakan beberapa hal kepada pemilik WO mengenai pengalaman mereka menangani setiap acara pernikahan dari yang skala kecil hingga yang besar.

Hal ini harus anda lakukan untuk meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan sehingga datang penyesalan dikemudian hari.

4. Adakan Pertemuan

Jika anda sudah memilih salah satu dari banyak pilihan, maka sebelum hari H atau sekitar 3 hari sebelum acara, maka anda harus mengadakan pertemuan dengan WO.

Pertemuan ini dilakukan agar tidak terjadi miskomunikasi. Selain itu, pertemuan ini juga sangat membantu WO untuk mengetahui aspek yang masih kurang dalam acara pernikahan, sehingga pesta di hari H tidak kacau.

5. Perhatikan Spesialisasi WO

Perlu anda ketahui bahwa tidak semua WO ahli dalam bidangnya. Misalnya ada WO yang ahli mengatur acara indoor namun tidak ahli untuk acara outdoor. Ada juga WO yang ahli mengatur acara outdoor tetapi tidak ahli untuk acara indoor.

Jadi pilihlah WO sesuai dengan kebutuhan acara anda. Akan lebih baik jika ada paket lengkap yang di tawarkan oleh WO yang bisa anda ambil agar pengaturan acara pernikahan anda lebih terpusat.

6. Membuat Kontrak Secara Detail

Perjanjian atau kontrak ini dibuat agar salah satu pihak tidak menuntut sesuatu padahal tidak ada salam perjanjian.

Misalnya anda mengambil paket Rp. 50.000.000 dan paket tersebut sudah deal tanpa ada yang keberatan. Namun tiba-tiba pihak WO meminta bayaran tambahan karena dirasa rugi setelah acara. Maka anda bisa menuntut pihak WO karena tidak sesuai dengan perjanjian.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel