6 Cara ampuh Menghemat Air PDAM Agar Tagihan Tidak Membengkak

Air merupakan kebutuhan yang sangat vital bagi masyarakat, karena semua kegiatan rumah membutuhkan air seperti mencuci piring, mencuci baju, cuci tangan, mandi, mengepel rumah, menyiram tanaman, mencuci kendaraan dan masih banyak lagi.

Seiring dengan kemajuan zaman, masyarakat yang tadinya menggunakan sumur galian sekarang beralih ke PDAM karena dianggap lebih praktis karena hanya perlu membayar setiap bulannya tanpa harus mengeluarkan biaya lainnya untuk membuat sumur.

Perusahaan Daerah Air Minum atau disingkat PDAM merupakan perusahaan yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan air tanpa harus membuat sumur bor. Tapi tentunya fasilitas ini tidak gratis, karena harus ada yang anda bayar sesuai pemakaian setiap bulannya.
 

Cara Hemat Air PDAM Agar Tagihan Tidak Membengkak

Rumah tangga yang memiliki banyak barang elektronik akan membuat tagihan listrik membengkak, apalagi ditambah adanya air PDAM tentu akan membuat anda semakin pusing dengan tagihan setiap bulannya. Tapi tahukah anda bahwa penggunaan air bisa anda minimalisir agar anda dapat berhemat, Berikut adalah caranya:

1. Atur Pemakaian

Untuk menghemat air dapat dilakukan dengan menghilangkan kebiasaan yang terus mengeluarkan air dengan sia-sia. Misalnya saja ketika mencuci piring anda selalu menghidupkan keran meskipun tidak sedang membilas piring. Jadi matikan lah keran ketika tidak sedang digunakan.

Kebiasaan lainnya adalah ketika anda cuci muka biasanya anda selalu menghidupkan keran meskipun anda sedang menyabun, sehingga air akan terus keluar tanpa jeda selama anda mencuci muka.

Jadi alangkah baiknya anda mematikan keran ketika sedang mencuci muka sehingga air tidak terbuang sia-sia.

Cara berhemat lainnya yang berkaitan dengan pemakaian adalah gunakan shower ketika mandi sehingga air yang digunakan lebih sedikit. Dan ketika menggosok gigi matikan keran nya agar air tidak terus terbuang.

2. Cek Apakah Ada Kebocoran

Setiap air yang mengalir di rumah anda akan dihitung di meteran air baik itu digunakan atau tidak. Salah satu penyebab tagihan air membengkak adalah karena ada kebocoran di rumah anda.

Cek semua pipa atau keran air di rumah anda, jika ada yang bocor segera perbaiki. Jika belum bisa diperbaiki sementara waktu anda bisa tampung airnya sehingga dapat digunakan.

Cara lain untuk mengetahui jika ada kebocoran adalah melalui roda gigi yang tetap bergerak walau seluruh aliran air telah dimatikan.

3. Gunakan Keran Hemat Air

Cara ini sangat efektif, karena jika menggunakan keran hemat air ini maka air yang dikeluarkan pun akan lebih sedikit dan dan dapat berhemat hingga 50%.
Keran hemat air ini sangat mudah anda temukan di pasaran, dimana keran ini merupakan keran dengan mulut sambungan berbentuk bunga.

4. Gunakan Wadah Ketika Mencuci Sayuran Atau Buah

Jika biasanya ketika anda mencuci sayuran atau buah di wastafel anda menggunakan keran yang selalu hidup, maka cara ini bisa anda rubah karena justru lebih boros air hingga 10 L. Untuk berhemat anda bisa menggunakan wadah setiap kali mencuci sayuran atau buah.

5. Gunakan Mesin Cuci Secara Maksimal

Tahukah anda, bahwa mencuci pakaian berkali-kali justru akan membuat tagihan air anda membengkak karena setiap mencuci anda membutuhkan air yang tidak sedikit.

Jadi lebih baik anda mencuci ketika sudah banyak pakaian yang kotor sehingga dapat dicuci sekaligus. Namun ingat, bahwa pakaian yang dicuci tidak melebihi kapasitas mesin cuci itu sendiri.

6. Sediakan Penampung Air

Saat musim hujan anda bisa menampung air di tong yang cukup besar. Air ini nanti bukan digunakan untuk mandi atau mencuci, tetapi digunakan untuk menyiram tanaman atau mencuci motor/mobil anda. Jangan lupa untuk menutup tong tersebut agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel