5 Cara mudah Menghilangkan Lumut Membandel di Rumah

Lumut biasanya akan muncul di tempat yang lembab, seperti di toilet atau di tembok yang sering terkena air. Apalagi jika musim penghujan maka akan ada banyak lumut yang bermunculan.

Nah bagi ibu-ibu yang sering jengkel karena lumut nya susah di musnahkan. Ada 5 solusinya yang mudah untuk diterapkan, apalagi bahan-bahan yang digunakan juga sangat gampang untuk ditemukan.

1. Cuka Putih

Bahan ini mengandung asam yang tinggi sehingga mempermudah lumut untuk menghilang. Cara menggunakan cuka putih ini adalah dengan siramkan cuka sedikit demi sedikit ke bagian lumut laku sikat dan bilas dengan air untuk melihat apakah lumut sudah hilang atau belum. Pastikan tidak ada cuka yang tertinggal karena dapat menyebabkan keropos.
 
Cara membersihkan lumut aquarium (foto hewanpedia.com)

2. Baking Soda

Sama seperti cuka putih, baking soda juga memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga tidak cocok jika digunakan di dinding, kayu, keramik, granit dan marmer karena dapat menyebabkan pengelupasan.

Cara menggunakannya sangat mudah, cukup siram bagian yang ada lumutnya dengan baking soda dan langsung disikat, jika sudah maka langsung siram dengan air. Ketika menyiram dengan baking soda jangan anda diamkan terlalu lama karena akan menyebabkan keropos.

3. Air Garam

Manfaat air garam ini tidak hanya untuk memasak atau obat sakit gigi saja. Tetapi ternyata dapat digunakan untuk membersihkan lumut yang ada di rumah anda.

Caranya sangat mudah cukup campurkan 3 sendok garam ke dalam 2 liter air, lalu rebus hingga mendidih. Jika sudah maka langsung siramkan air garam yang mendidih tersebut ke lumut dan langsung sikat. Ulangi hingga beberapa kali jika lumutnya kurang bersih.

4. Kaporit/Kapur

Biasanya kaporit ini digunakan untuk membersihkan air di kolam renang atau sumur. Tetapi ternyata kaporit ini juga dapat digunakan untuk membersihkan lumut dengan cara yang mudah.

Caranya adalah dengan menumbuk kaporit hingga halus lalu taburkan pada lumut. Agar hasil lebih maksimal maka diamkan hingga 2 jam. Setelah itu baru anda siram air dan sikat hingga bersih.

5. Sabun Cuci Piring

Ternyata sabun cuci piring ini ada fungsi yang lain lho.. Yaitu dapat digunakan untuk menghilangkan lumut pada dinding atau keramik. Cara menggunakan nya adalah dengan tuangkan cairan pencuci piring pada lumut lalu sikat hingga bersih. Jika sudah siram dengan air agar tidak licin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel