5 Cara Merawat Kulkas Agar Selalu Segar dan Bersih

Kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang wajib ada di setiap rumah. Hal ini karena banyaknya kegunaan dari kulkas itu sendiri, seperti untuk mendinginkan minuman, menyimpan makanan dan bahkan untuk mengawetkan makanan agar selalu segar.

Dari berbagai kegunaan tersebut, terkadang tidak diiringi perawatan kulkas itu sendiri sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap ketika membuka kulkas, hal ini karena bahan makanan yang tersimpan di dalam kulkas sudah busuk dan dibiarkan saja.
 

Kebiasaan tersebut jangan sampai anda lakukan secara terus-menerus karena dapat mempengaruhi kesegaran makanan yang lainnya.

Jadi anda harus merawat kulkas anda secara berkala, berikut adalah tips merawat kulkas agar makanan selalu segar.

1. Bersihkan Bagian Luar Kulkas

Pertama yang harus anda lakukan tentunya dengan merawat kulkas bagian luarnya, jika diluar nya saja sudah tidak dirawat, apalagi di dalamnya.

Merawat bagian luar kulkas cukup mengelapnya secara rutin, jangan sampai menunggu kulkasnya kotor dan kusam.

Pengelapan kulkas secara rutin akan membuat kulkas selalu terlihat bersih dan enak dipandang. Mengelap kulkas ini tidak terlalu sulit, jadi jangan biarkan noda dan kotoran di kulkas anda menebal sehingga susah untuk dibersihkan.

2. Rutin Periksa Makanan

Makanan yang di simpan di dalam kulkas tidak hanya makanan yang baru saja, tetapi kita terkadang menyimpan makanan sisa karena tidak habis dimakan.

Menyimpan makanan dalam jumlah banyak memang tidak ada salahnya, tetapi terkadang kita memiliki kebiasaan buruk membiarkan makanan dalam waktu lama tanpa memeriksanya. Dan ketika makanan tersebut sudah busuk maka akan berjamur dan menyebabkan makanan lainnya juga bau busuk.

3. Selalu Cek Freezer

Kita terkadang mengabaikan freezer ini karena jarang digunakan. Padahal jika anda tidak mengeceknya maka akan banyak gumpalan es yang menumpuk di ruang freezer.

Jika ada banyak gumpalan es di freezer, maka akan menyebabkan kinerja kulkas menurun.

Tidak hanya itu saja, anda akan mengalami kesulitan membuka pintu freezer karena ditahan oleh gumpalan es.

Agar es di freezer ini mencair, anda hanya perlu mematikan kulkas beberapa saat. Jika sudah mencair anda bisa membuang airnya dan hidupkan kembali kulkasnya.

4. Bersihkan Noda Bagian Dalam

Ketika kita menyimpan sesuatu di dalam kulkas, terkadang ada cairan yang jatuh. Misalnya anda menyimpan daging di dalam kulkas terus ada tetesan yang keluar dari dalam plastik, maka anda harus segera membersihkannya sebelum cairan tersebut mencair dan susah u tuk dibersihkan.

Jangan menyepelekan cairan seperti itu, karena semakin lama akan semakin banyak. Belum lagi ada bau yang tidak sedap jika cairan tersebut berasal dari daging yang anda simpan.

5. Pisahkan Sesuai Jenis Makanan

Jangan menumpuk makanan dalam satu tempat karena dapat menyebabkan busuk secara bersamaan.

Misalnya anda menyimpan daging dan sayuran bersebelahan, maka ketika ada tetesan cairan dari daging akan mengenai sayuran dan sayuran tersebut akan busuk juga. Jadi pisahkan makanan sesuai dengan jenisnya.

Untuk daging anda bisa menyimpannya di bagian freezer dan untuk sayuran bisa di bagian tengah. Jika ada ikan anda bisa menyimpannya di bagian paling bawah selanjutnya untuk minuman simpan di bagian pintu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel