12 Cara Menghemat Listrik di Rumah

Apakah pembaca pernah ada yang kesal dengan kenaikan tagihan listrik setiap bulannya? Pasti pernah ya, apalagi jika pemakaian kita biasa-bisa saja tapi kok malah tagihan listriknya selau naik setiap bulannya.

Hal tersebut bisa saja terjadi karena kita kurang bijak dalam penggunaan listrik, dan terlalu menyepelekan hal kecil sehingga tanpa disadari hal kecil tadi justru membuat tagihan listrik kita membengkak.

Hal kecil yang sering kita abaikan contohnya tidak mencabut charger ketika selesai isi daya hp.

Pemakaian listrik anda akan semakin banyak ketika di rumah menggunakan banyak elektronik seperti kulkas, AC, kipas angin, rice cooker, mesin cuci, setrika, TV, sanyo dan masih banyak lagi elektronik yang selalu membutuhkan yang namanya listrik.

Penggunaan alat-alat elektronik yang tidak dikelola dengan baik inilah yang justru bisa membuat tagihan listrik bulanan di rumahmu terus membengkak.
 

Lalu bagaimana cara menghemat jika semua alat elektronik tersebut merupakan kebutuhan? Jawabannya anda bisa menghemat pemakaian listrik dengan mempraktekkan cara berikut ini.

1. Gunakan KWH Meteran Prabayar

Sekarang ini memang dari pihak pemerintah mewajibkan untuk menggunakan meteran dengan sistem pulsa atau prabayar, dengan menggunakan sistem ini maka pengguna dapat mengatur pemakaian sesuai yang diinginkan.

Bagi pengguna sistem pra bayar secara tidak langsung memaksa untuk berhemat.

Sedangkan jika anda masih menggunakan meteran pasca bayar maka anda secara tidak sadar justru lebih konsumtif karena lebih susah mengatur pemakaian listrik.

2. Hidupkan Lampu yang Diperlukan Saja

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang adalah menyalakan lampu di siang hari karena terkadang lupa untuk dimatikan ketika sudah pagi.

Kebiasaan buruk ini harus dirubah jika anda ingin berhemat, caranya dengan menggunakan lampu seperlunya. Misalnya ketika Anda tidur anda tidak perlu menghidupkan lampu di dapur atau diruang lainnya yang tidak sedang digunakan.

3. Gunakan Alat Elektronik Seperlunya

Memang setiap rumah tangga pasti memiliki kebutuhan elektronik masing-masing. Namun yang paling banyak digunakan adalah TV, mesin cuci, kulkas, AC, kipas angin, rice cooker, setrika dan dispenser.

Gunakan semua alat elektronik tersebut dengan bijak sesuai dengan kebutuhan. Alat elektronik yang paling banyak menggunakan aliran listrik adalah kulkas dan AC.

Namun jika anda ingin berhemat, maka semua jenis elektronik tersebut ada caranya masing-masing.

4. Gunakan AC Hemat Energi

Gunakan AC dengan teknologi hemat energi. Atau dengan menyesuaikan besaran suhu AC dengan keadaan ruangan. Jika ruangan tidak terlalu panas anda tidak perlu menghidupkan AC atau gunakan AC dengan suhu yang minimal.

5. Bijak Memakai Mesin Cuci

Gunakan mesin cuci sesuai kebutuhan dengan membeli mesin cuci yang memiliki kapasitas yang sesuai. Semakin besar kapasitas mesin cuci, maka konsumsi listriknya pun otomatis menjadi lebih banyak.

6. Hemat Dispenser

Sebenarnya fungsi dari dispenser hanya digunakan untuk mengambil air minum. Sedang untuk panas dinginnya air bisa anda gunakan dengan cara lain.

Jika ingin air dingin maka anda bisa memasukannya di kulkas dan jika ingin air panas anda bisa memasaknya di kompor. Cukup mudah kan?

7. Hemat Kulkas

Cara menghemat listrik dari kulkas adalah anda bisa menggunakan temperatur suhu yang sedang. Dan jika anda akan bepergian dalam waktu yang lama anda bisa menurunkan suhu ke minimal atau dengan mematikannya saja.

8. Hemat Listrik Rice Cooker

Tips menghemat listrik dari rice cooker adalah ketika anda akan memasak nasi, lebih baik anda menggunakan air panas agar nasinya cepat matang. Dengan cara tersebut maka anda bisa menghemat listrik dengan mudah. 

Cara lainnya adalah jika nasi di dalam rice cooker anda tinggal sedikit, maka colokannya di cabut saja. Cara ini sangat mudah namun masih banyak belum mempraktekan nya.

9. Hemat Seterika

Lalu bagaimana dengan setrika apakah bisa menghemat listrik? Jawabannya bisa, dengan cara menggunakan setrika yang mengatur suhu panas secara otomatis. Jangan biarkan setrika menyala secara terus menerus padahal tidak sedang digunakan.

10. Matikan Alat Elektronik Ketika Akan Tidur

Sebelum tidur pastikan semua alat elektronik dalam keadaan aman. Dan matikan alat elektronik yang tidak digunakan.

Contohnya adalah TV, biasanya ada orang yang menyalakan TV sepanjang malam padahal tidak ada yang menonton. Atau ada juga yang membiarkan rice cooker mengering karena colokannya tidak dicabut padahal nasi sudah habis.

11. Ventilasi Yang Baik

Tanpa disadari penggunaan ventilasi yang baik akan membuat anda hemat listrik, meskipun tidak semua alat elektronik berkaitan dengan ventilasi. Misalnya saja jika ventilasi baik maka keluar masuk udara juga baik sehingga anda tidak perlu menghidupkan AC atau kipas angin.

Selain itu ventilasi yang baik akan be pengaruh dengan cahaya sehingga anda tidak perlu menghidupkan lampu

12. Gunakan Pembangkit Listrik Alternatif

Tenaga listrik alternatif yang bisa anda gunakan untuk hemat listrik adalah pembangkit listrik tenaga surya.

Panel surya tak membutuhkan bahan bakar dalam prosesnya, sehingga tak membutuhkan biaya tambahan dan tak menghasilkan gas emisi. Selain itu, produksi listrik yang dihasilkan pun bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel