11 Cara Hemat Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah impian semua orang, sehingga tidak heran jika banyak yang rela mengeluarkan budget hingga ratusan juta demi momen sakral yang satu ini.

Banyak yang menganggap juga bahwa pernikahan adalah akhir dari perjalanan cinta, namun nyatanya pernikahan adalah awal dari kehidupan bersama dengan pasangan.

Sangking bahagianya menyambut pernikahan, banyak yang justru melupakan rencana setelah menikah seperti rumah, kendaraan atau investasi untuk jangka panjang bersama pasangan.

Sebenarnya inti dari sebuah pernikahan adalah maknanya yang tersirat dan mampu menghayati tujuan sebenarnya dari pernikahan.

Spekulasi di masyarakat bahwa nikah itu mahal, tetapi nyatanya pernikahan dapat terlaksana dengan biaya yang minim. Karena yang membuat pernikahan itu mahal karena adatnya bukan ijabnya.

Nah, untuk kalian yang ingin melaksanakan pernikahan, agar tidak terlalu mahal mari kita simak cara menghemat biaya pernikahan agar tidak dirasa mahal.

1. Menggunakan Undangan Digital

Seiring dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, undangan tidak lagi harus berbentuk kertas atau hardcopy, karena sekarang sudah ada yang namanya undangan digital. Cukup dengan 1 kali buat anda bisa mengundang seluruh teman anda.

Tetapi undangan digital ini hanya bisa anda gunakan utuk teman-teman saja, sedangkan untuk kerabat yang dihormati anda harus menggunakan undangan dalam bentuk cetak agar lebih sopan dan menghargai.

Jadi lumayan kan anda bisa mengurangi dana untuk cetak undangan karena sudah dikurangi dengan undangan digital.
 

2. Mengurangi Jumlah Undangan

Pernikahan adalah momen yang sakral dan penuh keakraban. Jadi agar anda tidak merasa asing dengan orang yang datang karena kerabat jauh, lebih baik anda mengundang yang anda anggap dekat.

Dengan mengundang kerabat dekat saja, tentunya anda dapat mengurangi jumlah undangan sehingga budget pun dapat digunakan untuk keperluan yang lainnya.

3. Meminta Bantuan Teman

Masalah yang satu ini anda harus mencari bantuan teman yang memiliki keahlian seperti makeup atau fotografi untuk mengabadikan setiap momen pernikahan anda baik prewedding atau bahkan ketika hari H.

Dengan menggunakan jasa teman tentu harganya menjadi harga teman yang bisa anda tawar sehingga menjadi lebih murah. Lumayan kan? Patut dicoba ya.

4. Meminimalisir Biaya Souvenir

Setiap pernikahan sepertinya souvenir menjadi hal yang wajib yang dijadikan sebagai kenang-kenangan oleh keluarga pengantin. Anda tidak perlu membeli souvenir dengan harga yang mahal karena akan cukup menguras kantong anda.

Untuk ide souvenir bisa anda cari di internet dengan souvenir yang murah tapi unik. Atau bisa juga anda membuat souvenir sendiri dengan bahan-bahan yang lebih terjangkau.

5. Pilih Hari Yang Tepat

Mengurangi budget bisa anda ambil dari mengurangi biaya catering atau gedung. Karena biasanya untuk hari kerja maka sewa gedung akan lebih murah dibandingkan dengan hari libur atau weekend.

Jika anda ingin lebih irit lagi anda bisa mengadakan resepsi pernikahan di sore hari dimana para undangan hanya membutuhkan minuman dan cemilan.

6. Mengurangi Biaya Seragam

Dengan menggunakan seragam maka hasil foto tentu akan lebih rapih karena menggunakan warna yang senada. Tapi bagi anda yang ingin mengurangi budget maka ada triknya.

Anda bisa menggunakan seragam keluarga dengan membeli baju masing-masing, tetapi dengan catatan semua warna harus sama meski bahannya berbeda-beda. Untuk hasil fotonya akan tetap bagus karena menggunakan warna yang senada.

7. Pilih Tempat Yang Terjangkau

Jika anda merasa sewa gedung untuk pernikahan terlalu mahal, maka anda bisa mengunakan alternatif lain yang lebih murah seperti di museum atau hutan pinus.

Para tamu undangan tidak akan memperdulikan lokasi pernikahan anda karena yang terpenting lokasi tersebut aman dan nyaman.

8. Pilih Dekorasi Pelaminan Yang Minimalis

Anda tetap bisa menggunakan dekorasi pernikahan meskipun dengan harga yang murah. Misalnya dengan menggunakan bunga palsu namun yang berkualitas bagus.

Bisa juga anda menggunakan dekorasi pelaminan yang pernah digunakan oleh vendor, sehingga anda tidak akan dikenakan biaya tambahan jika dekorasinya lebih rumit.

Pilih warna dekorasi yang senada dan gunakan produk lokal. Tidak akan ada tamu yang memperhatikan apakah bunga tersebut lokal atau impor.

9. Memilih Menu Makanan Yang Umum

Pilihlah makanan yang umum yang bisa dinikmati oleh semua orang. Anda bisa menghidangkan menu seperti nasi uduk, bakso, pecel, soto, tekwan atau menu yang lainnya yang semua kurang suka.

Anda tidak perlu menghidangkan menu seperti kepiting, lobster atau menu lainnya yang susah untuk dimakan, apalagi menu tersebut tidak semua orang suka bahkan ada yang memilki alergi dengan makanan seafood.

10. Jangan Semua Dibeli

Berbeda dengan cincin yang digunakan untuk jangka panjang sehingga harus dibeli. Sebenarnya ada perlengkapan tertentu yang tidak harus anda beli sehingga dapat memangkas biaya pernikahan.

Misalnya saja seperti gaun pengantin, jas, sepatu, heel dan masih banyak lagi yang bisa anda sewa tanpa harus anda beli.

11. Mengutamakan Yang Penting

Tentu anda mengetahui betul mana yang menjadi prioritas dalam pernikahan anda, sehingga dananya bisa anda alokasikan ke yang lebih penting tersebut.

Misalnya foto atau dekorasi merupakan hal yang paling penting untuk anda, maka dana tersebut bisa anda alokasikan langsung, sedangkan untuk yang lainnya bisa anda hitung dari sisa dana yang menjadi prioritas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel