Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Memotivasi Siswa Agar Belajar Sunguh - Sungguh

Memotivasi siswa agar giat belajar merupakan kewajiban seorang guru. Motivasi yang kuat dari guru merupakan ujung tombak sukses atau tidak nya proses pembelajaran selama mengajar hingga kelulusan siswa tiba.

Beberapa cara untuk memotivasi siswa agar giat belajar dan serius bisa dilakukan seorang guru yang memang memiliki keseriusan dalam mengajar. Bayangkan jika ada suatu kelas yang bandel bisa anda ajar dan merubah kepribadian siswa? Tentu itu prestasi anda sebagai seorang pahlawan tanpa tanda jasa.

Dalam memotivasi siswa guru harus ingat bahwa Ada tujuan dan keinginan (motif) yang hendak dicapai oleh siswa melalui kegiatan belajar yang dilakukannya. Oleh sebab itu, kegiatan pembelajaran yang dijalankan tidak hanya memenuhi kepentingan guru. Yang diutamakan adalah pemenuhan keinginan dan kebutuhan siswa dalam belajar.

Seorang guru juga mampu memahami Keinginan dan kebutuhan siswa apalagi saat proses mengajar berlangsung. Memotivasi siswa akan efektif jika dilakukan setelah melakukan pengkajian dan analisa terhadap keinginan dan kebutuhan siswa pada umumnya.

Guru Harus Menciptakan Pembelajaran Yang Demokratis dengan cara membebaskan siswa untuk bertanya dan menjawab pertanyaan sehingga antusiasme siswa meningkat.

Seorang guru harus menciptakan suasana belajar yang demokratis. Yang belajar siswa dan hasilnya juga untuk siswa. Oleh sebab itu nuansa proses pembelajaran terbebas dari tekanan maupun teman sekelasnya.

Ada 3 keinginan dan kebutuhan siswa yang perlu dikaji dan dianalisa sebelum menjalankan setiap pembelajaran:

1. Ingin memperoleh nilai bagus

Semua siswa pasti ingin meraih nilai yang bagus dalam belajar. Nilai bagus mendatangkan kepuasan dan kebanggaan tersendiri bagi siswa. Akan tetapi tidak semua siswa yang berusaha untuk mewujudkan keinginannya.

2.  Ingin mengetahui banyak tentang sesuatu

Siswa ingin mengetahui banyak hal tentang sesuatu yang terdapat dalam materi pelajaran. Akan tetapi tidak semua materi pelajaran yang menimbulkan keinginan mereka untuk mengetahuinya lebih dalam.

3. Ingin mengalami pengalaman belajar menyenangkan

Semua siswa menginginkan mengalami proses belajar yang mengasyikkan. Suasana belajar yang dinamis dan menggembirakan. Materi pelajaran rumit akan menjadi sederhana dan dapat dipahami walaupun secara berangsur-angsur.
 

Cara memotivasi siswa dalam pembelajaran

1. Informasikan proses dan hasil penilaian

Siswa perlu mengetahui dan memahami bagaimana proses penilaian. Setiap melakukan penilaian, hasilnya diberikan kepada siswa sehingga mereka mengetahui seberapa jauh kemampuan mereka. Begitu pula jika memberikan tugas sekolah dan tugas rumah. Dengan demikian siswa akan mengetahui apakah nilai mereka sudah bagus atau belum.

2. Menata materi pelajaran

Materi pelajaran yang akan diberikan kepada siswa perlu ditata menjadi lebih sederhana. Materi pelajaran yang dianggap rumit perlu disederhanakan bahasanya maupun cara penyampaiannya kepada siswa.

3. Menyampaikan tujuan pembelajaran

Langkah penting untuk memotivasi siswa adalah menjelaskan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai. Tujuan ini dapat disampaikan secara lisan maupun tulisan. Kemudian memberikan alasan mengapa materi ini penting diketahui siswa.

4. Link materi dengan pengalaman siswa

Penataan materi pelajaran lebih difokuskan pada kaitannya dengan pengalaman siswa sehari-hari. Penyederhanaan materi pelajaran pada hakikatnya menyesuaikan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Contoh-contoh yang ada dalam materi pelajaran hendaknya yang mereka lihat dan alami sehari-hari.

5. Sesuai dengan kemampuan berpikir siswa

Siswa akan dapat menerima dan mencerna materi pelajaran apabila sesuai dengan taraf kemampuan berpikirnya. Oleh sebab itu materi pelajaran perlu disederhanakan berdasarkan kemampuan berpikir rata-rata siswa di kelas.
(Artikel ini telah terbit di https://www.matrapendidikan.com/2015/11/cara-efektif-memotivasi-siswa-belajar.html?m=1 dengan Judul Cara Efektif Memotivasi Siswa Belajar)