Cara Hitung Kubikasi Tanah Urug timbunan dan Biaya

Halo sobat cacatrik, kali ini kami akan berbagi cara menghitung kubikasi tanah urug timbunan. Cara nya sangat mudah dan tak perlu rumus yang merepotkan karena untuk mengetahui kebutuhan kubikasi tanah urug dapat diketahui secara mudah dan singkat hanya dengan beberapa langkah dibawah ini.

Tanah urug biasa dilakukan saat akan menimbun area / lahan yang posisinya lebih rendah. Atau dalam menggarap lahan tertentu untuk dibangun maka pengurugan tanah biasa dilakukan. Cara menghitung kubikasi tanah urug adalah sebagai berikut.
 
1. Tentukan Ukuran Lahan yang akan Diurug

Ketahui terlebih dahulu luas lahan yang akan di timbun, karena akan kita gunakan ukuran untuk mengetahui kubikasi urugan nanti. misalnya kita asumsikan saja lahan yang akan kita urug / timbun berukuran Panjang 20m dan lebar 15m

2. Tentukan Ketinggian Timbunan

Setelah ukuran luas lahan yang akan kita timbun diketahui, maka tinggal kita tentukan berapa ketinggian timbunan?

Misalnya tinggi urugan lahan kita tersebut 2m maka perhitungan kubikasi tanah urugan tersebut sebagai berikut:

lebar X tinggi X panjang
15m x 2m x 20m = 600m³
Berarti total kebutuhan tanah urug untuk menimbun lahan tersebut adalah 600 kubik tanah urug.

3. Berapa Dam Truk Total urugan ?

Ketika total kubikasi tanah urug sudah diketahui pada contoh diatas adalah kubikasi nya yaitu 600 kubik.

Jika ingin menentukan berapa truk atau berapa ret maka tinggal dibagikan saja 5 kubik. Karena rata rata 1 dam truk berisi 5 kubik tanah urug. Sehingga total jumlah dam truk nya adalah:

600 kubik : 5 = 120 dam truk
Hitungan tersebut belum dimasukkan skala penyusutan tanah urug biasanya persentase penyusutan tergantung kondisi lahan, rata rata penyusutan timbunan sekitar 1,2 persen. Berarti 1,2 x 120 = 144 dam truk

Itulah total jumlah truk mengangkut timbunan tanah ke area yang akan kita urug. Tinggal kita cari tahu harga tanah urug disekitar lokasi kita. Cara menghitung biaya tanah urug adalah sebagai berikut:

4. Menghitung Biaya Tanah Urug

Biaya tanah urug dihitung berdasarkan 1 dam truk. Rata rata harga umum tanah urug jika dekat dengan tambang (quari) per 1 dam (Isi 5 kubik) Rp 250 ribuan.

Berarti jika kita membutuhkan 120 dam truk tanah urug maka tinggal dijumlahkan saja 144 x 250ribu = Rp 36 juta.

Itulah cara hitung kubikasi tanah urug. Cara hitung kubikasi urugan tanah diatas berlaku untuk semua kondisi, baik untuk urugan rumah dan lain sebagainya. Biasanya urugan pada rumah terdapat beberapa perbedaan ketebalan. Tinggal jumlah kan saja masing-masing denah ruangan berdasarkan tinggi timbunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel