Cara mengatasi Penipuan Pinjaman Online di Instagram

Sejak menjamurnya pinjaman online (KTA online) membuat pelaku kriminal semakin menggila khususnya di Instagram, komplotan penipu pinjaman online ini sanggup beriklan mengeluarkan modal. Ada yang mengatasnamakan "Pinjaman Syariah" segala macam. Padahal menipu orang banyak.

Korban penipuan pinjaman online di Instagram sudah banyak sekali merugikan dan meresahkan. Pada beberapa kasus mereka mengimingi dengan promosi "Pinjaman Cepat cair" segala macam. Tak cuma di Instagram, semua lini masa sosial media tak luput dari gempuran penipuan online, ada yang menyebar pesan ke WA, Facebook, hingga ke sms.

Lalu bagaimana cara mengatasi penipuan pinjaman online? Ya tentu kita harus mengetahui seluk beluk nya. Kita harus tahu ciri ciri penipuan pinjaman online itu sangat mudah diketahui. Berikut ulasan singkat cara mengatasi dan mengenali penipuan pinjaman online.

1. Meminta Uang Muka alasan Administrasi

Jika kita perhatikan setiap penipuan pinjaman online, para pelaku akan meminta Uang muka sebagai biaya administrasi, dengan nominal tertentu mulai dari ratusan ribu hingga jutaan. Jika sudah ada permintaan uang muka Sudah Pasti Penipuan.

2. Memakai Alamat Kantor Palsu

Oknum penipu pinjaman online sering memakai alamat kantor perusahaan orang lain, biasanya mereka mendaftar kan sendiri alamat kantor disekitar lokasi perusahaan yang sah. Jika kita jeli akan sangat mudah mengetahui alamat kantor perusahaan asli dengan alamat kantor palsu.

3. Tidak Memiliki Nomor Kantor

Selain memakai nomor WhatsApp, pinjaman online yang resmi pasti memiliki nomor kantor sendiri, jika kita lihat di Google Maps maka akan tertera jelas nomor kantor nya. Jika penipu online sudah pasti tidak memiliki nomor kantor, hanya mengandalkan nomor WhatsApp saja, itupun sering gonta ganti.

4. Penipu Online Paling Banyak di Instagram

Penipuan pinjaman online paling banyak terjadi di Instagram, mereka rela mengeluarkan uang banyak untuk promosi penipuan, Banyak korban yang dirugikan. Jika kita sudah memahami beberapa poin di atas bisa lebih berhati-hati terhadap tawaran pinjaman online. Jangan sungkan untuk memblokir nomor mereka.

Cara Mengatasi Penipuan Pinjaman Online di Instagram

Setiap kita menemukan iklan penipuan pinjaman online dengan iming-iming cepat cair, tetapi harus transfer uang muka, segeralah blokir, baik dari klan di Instagram ataupun iklan via WhatsApp.

Lalu bagaimana cara mengatasi penipuan tersebut? Jika kita sudah terlanjur ditipu, maka langkah utama ialah melaporkan ke pihak berwajib agar bisa ditindak lanjuti. Namun yang paling penting mengenai laporan adalah ke Bank terkait, Usahakan melaporkan sesegera mungkin ke Bank Anda dengan melampirkan keterangan / bukti yang ada. Berhati-hatilah penipuan ada dimana mana.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel