Cara Belajar yang Benar dan Efektif Menurut para Ahli

Ilustra belajar (foto kompas.com)
Belajar adalah suatu hal yang lumrah dilakukan oleh semua orang baik itu bayi, anak-anak, remaja dan orangtua. Jadi belajar selalu dilakukan oleh setiap orang tanpa memandang usia ataupun waktu, jadi semua orang harus tetap belajar karena dari belajar dapat mendewasakan kita. Namun yang harus diingat adalah belajar jangan asal belajar, karena belajar juga harus dilakukan dengan cara yang benar.

Belajar yang benar-benar efektif itu bisa dengan mudah dilakukan. Seperti halnya rutinitas keseharian yang mesti diulang - ulang hingga bisa tuntas. Ada beberapa cara belajar yang benar dan efektif menurut para ahli. diantaranya adalah:

  • Mindset Yang Benar

Sebelum anda belajar maka anda harus mempersiapkan terlebih dahulu dan yang harus dipersiapkan adalah mindset atau cara berfikir. Jadi fikiran anda harus terbuka jangan sampai belum apa-apa anda sudah takut atau anti pati duluan, karena dari komentar yang negative akan membuat anda sudah menerima pelajaran. Ingat, dengan mindset yang benar maka kamupun bisa belajar dengan cara yang benar.

  • Guru yang Benar

Belajarlah dari orang yang penah melakukan hal yang ingin kamu pelajari. Jadi belajarlah dari orang yang benar-benar mengerti sesuai yang kamu inginkan. Misalnya saja jika kamu ingin belajar memasak tentunya anda belajar dari seorang koki yang memiliki pengalaman tentang memasak sehingga pembelajaranmu akan menjadi lebih maju dan efektif.

  • Waktu yang Benar

Belajar juga membutuhkan yang namanya waktu, tidak semua dapat dikerjakan dalam satu waktu . sama halnya dengan belajar, bahwa belajar membutuhkan waktu untuk jeda dalam mengolah dan mencerna semua hal yang ada, karena sebenarnya belajar harus dijadikan sebuah kebiasaan.

  • Cara yang Benar

Setiap orang memiliki caranya sendiri untuk menyerap informasi yang efektif dan juga efisien. Jadi anda harus mengetahui tipe seperti apa kamu dalam menyerap informasi. Secara garis besar ada 3 tipe orang dalam menyerap informasi yaitu visual, auditori dan juga kinestetik.

  • Lingkungan yang Benar

Setiap orang berbeda-beda dalam belajar, misalnya saja ada orang yang lebih suka belajar dalam ketenangan atau sunyi namun ada juga yang lebih suka belajar sambil mendengarkan music ataupun dengan kelompok. Apapun itu yang penting kamu sendiri mengetahui yang mana yang membuat kamu bisa lebih efektif untuk belajar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel