Cara Menghitung Volume kebutuhan Bata Merah untuk Dinding

Menghitung kebutuhan bata merah untuk keperluan membangun rumah dilakukan agar kita bisa memperkirakan biaya. Cara hitung kebutuhan bata merah untuk dinding sama halnya dengan menghitung volume panjang dinding x lebar dinding, Sehingga akan diketahui total volume meter persegi nya (m2).

Menghitung bata merah bukanlah perkara sulit, dan kami yakin anda pasti bisa menghitung perkiraan kebutuhan saat akan membangun rumah untuk dinding.

Pada dasarnya, untuk memudahkan perhitungan berapa banyak bata merah yang akan kita pesan nanti nya.

Cara Hitung Kebutuhan Bata Merah
Bata merah memiliki jenis tersendiri, baik dari ukuran dan jumlah dalam per m2 nya. Jika anda ingin menghitung kebutuhan bata merah, langkah utama adalah mengetahui volume dinding yang akan dibangun. Agar mudah diketahui yaitu:

Berapa luas Rumah yang akan dibangun?
Tinggi dinding berapa m?
Jumlah ruangan berapa?

Jika anda sudah tahu maka menghitung kebutuhan bata merah sangat mudah sekali. Kita ambil contoh misalnya, Anda akan membangun rumah ukuran 6x7 m dengan tinggi dinding 3 m dan jumlah ruangan 4. Maka berapa banyak Bata merah yang dibutuhkan?

Cara Hitung Volume dinding Bata Merah

Ada 4 sisi dinding masing- masing
6mx3m x 2 sisi = 36 m²
7mx3m x 2 sisi = 42 m²
Total volume dinding 78m²

Lalu kita hitung kebutuhan bata merah

Jumlah volume total dinding sudah kita ketahui yaitu 78m². Tinggal kita kalikan saja dengan jumlah isi 1 m² bata merah. Jika kita pakai bata merah maka per m2 nya isi 70 buah. Berarti untuk menjumlahkan kebutuhan kita adalah sebagai berikut:

78m² x 70 = 5.460 buah bata merah, atau dibulatkan saja jadi 5.500 buah bata.
Seandainya harga bata merah di kota anda Rp 500 maka kalikan saja dengan jumlah bata tadi. 500 x 5.500 = Rp 2.750.000.

Nah perhitungan ini belum dihitung dinding segitiga atas. Karena anda bisa menghitung sendiri berapa ukuran segitiga atas tersebut. Jika ada jendela berati anda tinggal mengurangi volume jendela. Menghitung pengurangan nya juga sangat mudah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel