Cara Menghitung kebutuhan Uskup Paving

Cara menghitung kebutuhan uskup paving ada dua cara yaitu jumlah isi per m2 dan volume panjang sisi (meter lari). Perhitungan nya sangat mudah, namun sebelum membahas penghitungan kita kupas dulu apa itu uskup paving?

Dalam dunia perpavingan ada material bentuknya segitiga berbahan dasar sama seperti paving block. Material ini biasa disebut Topi Uskup (Uskup Paving). Karena mirip topi uskup ya sebutan tersebut tidak asing lagi ditelinga kita. Biasanya uskup paving akan dipasang pada tiap sisi pasangan paving block, fungsinya adalah pengunci agar paving block awet dan tahan lama.

Selain itu uskup paving kerap juga dipasang pada halaman rumah / kantor. Biasanya pesanan ini khusus dengan mutu tinggi. Uskup paving jika sudah dipasang kombinasi dengan paving block pada setiap sisi akan menambah nilai plus tentunya.
Pemasangan uskup paving (foto pavingblockindoensia.com)
Cara Menghitung Kebutuhan Uskup Paving

Menghitung kebutuhan uskup paving kita bisa lakukan dengan mudah hanya dengan mengetahui ukuran uskup itu sendiri. Uskup paving rata rata berdimensi 30 cm x 6 cm x 21 cm, ketebalan 6 cm, 8 cm, 10 cm. Sedangkan jumlah dalam 1m² itu 25 pcs.

Jelas ya, rumus untuk menghitung kebutuhan uskup paving cukup kita ingat:
1m² isi 25 pcs
Panjang per pcs = 30cm (0,30m)

Cara Hitung Uskup untuk Sisi Paving
Contoh pemasangan uskup pada sisi paving (foto UD.Anggoro)
Untuk menghitung jumlah uskup, jika hanya dipasang bagian sisi saja maka jumlah kan saja seluruh sisi atau panjang keliling pemasangan paving tersebut, lalu di bagi 30cm.
Misal anda akan memasang uskup paving luas lahan nya 10x10m, maka berapakah jumlah uskup yang diperlukan?
Jawaban
Sisi 4 x 10m = 40m¹ : 0,30m = 133,3 pcs
Kita bulatkan saja jadi 134 pcs uskup

Cara Hitung Kebutuhan Uskup Keseluruhan
Contoh pemasangan uskup menyeluruh
Untuk pasangan uskup paving secara menyeluruh maka cara menghitung nya sama seperti menjumlahkan paving block. Misal lahan 10x10m maka yang dibutukan adalah 10x10= 100 x 25 pcs = 2500 pcs (uskup). Demikian uraian singkat cara hitung uskup paving semoga bermanfaat ya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel