Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Sederhana Merawat Setir Mobil Agar Tetap Bersih

Cacatrik.com - Jangan sepele kan kebersihan setir mobil anda, Jaga kebersihan nya dengan cara yang mudah kok. Setir alias Roda kemudi merupakan salah satu komponen yang bersentuhan langsung dengan tangan kita (driver).

Kebersihan setir perlu dijaga, walaupun sebagian besar pemilik mobil kurang memperhatikan masalah ini sehingga berdampak pada kenyamanan berkendara. Selain itu, kondisi setir bisa ikut berkontribusi dalam menjaga harga jual mobil nanti.

Nah bagaimana cara sederhana merawat setir ini? Seperti dilansir dari otosia.com, terdapat beberapa cara yang dapat dilakukan agar roda kemudi tetap prima, langakah -langkah nya sebagai berikut:

1. Selalu menjaga kebersihannya dari kotoran yang menempel Caranya dengan mengelap menggunakan cairan pembersih kulit. Kemudian bersihkan dengan kain yang lembap untuk membersihkan cairan pembersih yang menempel secara berlebih, lalu dikeringkan dengan memakai kain lembut yang kering.

2. Menjaga kelembapan setir menggunakan kondisioner khusus material kulit. Proses ini penting untuk menjaga kelenturan, durabilitas dan kelembutan kulit setir.

Cara menggunakan tangan secara langsung. Selagi kulit roda kemudi diusap, berikan sedikit pijatan menggunakan tangan untuk memastikan cairan terserap sempurna. Diamkan selama 30 menit sebelum dibersihkan kembali menggunakan kain bersih.

Perlu diketahui, ketika melakukan perawatan setir / roda kemudi ada baiknya memilih waktu yang cukup luang. Soalnya, Anda harus membiarkan cairan kimia yang diaplikasikan mengering atau terserap ke dalam kulit roda kemudi.

Apabila proses tersebut dilewati akan sangat membahayakan pengendara setir menjadi licin. Oleh karena itu, apabila Anda tidak memiliki cukup waktu untuk membiarkan cairan kimia tersebut ada baiknya menggosoknya dengan kain bersih hingga kering.