5 Cara Menghemat Gas Elpiji dirumah

Cacatrik.com - Halo bunda, apakah sudah pada tahu belum cara ampuh menghemat gas elpiji? meski cara ini terkadang disepelekan tetapi bisa dibuktikan hemat gas elpiji tentu dampak nya besar apalagi jika dapurnya sering nonstop masak pagi, siang, sore dan malam. Gas elpiji saat ini sudah jadi kebutuhan pokok masyarakat hampir diseluruh kota hingga ke pelosok desa.

Hemat gas elpiji sebenarnya harus dilakukan oleh setiap ibu rumah tangga, dalam artian bukan menahan untuk memasak tetapi memaksimalkan gas agar tidak boros saat pemakaian berlangsung. Nah bagaimana cara menghemat gas elpiji dengan langkah yang benar? Buat para ibu rumah tangga bisa terapkan cara berikut ini

1. Sesuaikan Perangkat Masak

Menggunakan perangkat masak yang sesuai maksudnya adalah jika bahan makan yang akan dimasak kecil sebaiknya jangan pakai perangkat yang besar contoh Bunda goreng telor, gunakanlah panci atau wajan yang kecil. Kalau pakai panci nya besar sudah pasti waktu lebih lama untuk menjadi panas sehingga penggunaan gas jadi lebih banyak.

2. Pakai Selang Gas yang Baik

Gunakan selang gas yang baik maksudnya tidak mudah kendor minimal mampu menahan tekanan sebesar 500 psi. Karena jika selang cepat kendor tentu penggunaan gas jadi cepat habis.

3. Pakai Regulator Otomatis

Regulator otomatis dapat menghemat penggunaan gas karena bunda bisa tahu jika sewaktu-waktu terjadi kebocoran gas.

4. Gunakan Perlengkapan Stainles

Perangkat masak berbahan stainless steel mampu menghemat kebutuhan penggunaan gas karena mudah menghantar kan panas alias gk pake lama.

5. Bersihkan Kompor secara Berkala.

Cara yang terakhir agar hemat gas yakni membersihkan komponen gas secara berkala. Kalau bunda masak dan api yang dikeluarkan dari saluran terlihat kuning dan tidak biru berarti itu perlu dibersihakan. Karena jelas, jika bukan api biru yang keluar berarti panas yang dihasilkan tidak maksimal dan pasti waktu memasak pun bertambah lama serta gas pun lebih banyak terpakai. Demikian silahkan dicoba ya bun, mari hemat. (foto Kompasiana)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel