Cara Efektif Mengatur Keuangan Mahasiswa Kos

Cacatrik.com - Cara mengatur keuangan bagi mahasiswa kos bertujuan untuk membatasi uang serta memanajemen keseluruhan agar kiriman orang tua bisa digunakan secara maksimal, sukur - sukur bisa diselipin masuk celengan atau investasi kecil-kecilan.

Kalau kalian pernah merasakan yang namanya mahasiswa, pasti kalian ingat susah senangnya. Senangnya adalah ketika kumpul dengan teman-teman dan mengobrolkan tentang ini itu. Namun yang susahnya adalah ketika banyak tugas dan tidak punya uang dan telat kiriman, ya pasti yang mahasiwa masih ada bergantungnya dengan orangtua, jadi gak ada uang kalau tidak dikirim.

Banyak mahasiswa terutama anak kos, ketika habis uang bulanan maka akan stok mie untuk seminggu atau untuk beberapa hari. hal ini tentu tidak baik untuk kesehatan. Maka dari itu meskipun kita masih menjadi mahasiswa kita harus pintar, pintar untuk mengatur keuangan.

Berikut cara efektif yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk mengatur keuangan agar bisa berinvestasi:

Harus Punya Catatan Keuangan

Meskipun sudah ada catatan anggaranaf  keuangan, namun kamu juga harus punya yang namanya catatan keuangan, dimana isinya adalah untuk mencatat pengeluran sehari-hari. nah ketika sudah akhir bulan, kamu bisa review pengeluaran tersebut diakhir bulan dan kamu bisa melihat dimana saja kamu harus berhemat. Misalnya saja untuk makan kamu masak sendiri dengan sekali belanja bisa makan tiga kali.

Harus Tahu Tujuan Keuangan

Ketika kamu memiliki uang, maka kamu harus tau tujuan uang mau diapakan. Misalnya kamu mau beli hp baru atau kamu pengen banget nonton konser artis favorite kamu.

Nah, jika tujuan keuangan sudah jelas, maka kamu harus menargetkan dengan waktu yang ingin dicapai, misalnya konser artis kamu 3 bulan lagi, maka kamu harus menabung dari sekarang untuk mencapai target tersebut. Selain itu kamu juga harus memiliki anggaran bulanan, misalnya pengeluran apa yang tetap seperti kebutuhan untuk makan, bensin sampai dengan kebutuhan kuliah.

Mulai Menyisihkan Uang

Ketika kamu sudah tahu berapa uang yang bisa kamu hemat atau yang bisa kamu tabungkan, maka kamu bisa memilih jenis tabungan yang sesuai dengan tujuan keuangan kamu. Misalnya membuka rekening di bank atau investasi.

Disiplin

Harus disiplin dalam menabung atau investasi agar kamu bisa mencapai target tujuan keuangan kamu dan kamu juga bisa disiplin dalam keuangan. Ketika kamu sudah disiplin dalam menabung atau berinvestasi maka ini nanti akan menjadi kebiasaa dan kamu akan bisa menabung meskipun kamu tidak memiliki tujuan yang akan dicapai. (foto genmuda.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel