Cara Agar Percaya Diri dan Berani di Depan Umum

Masalah kepercayaan diri tentu banyak dialami orang kaum muda, mungkin anda cenderung pemalu atau tidak percaya diri alias Gk PD. Biasanya orang yang malu dan pendiam cenderung tidak banyak teman dan kurang pergaulan, semua faktor tersebut karena ketidakpercayaan diri dan berdampak tidak Berani didepan umum sehingga terkesan grogi.

Masalah PD ini sebenarnya tidak bisa dilatih namun kembali lagi kepada mindset anda. Tidak percaya diri biasanya berawal dari masa lalu atau masa kecil yang tidak baik seperti di bully oleh teman-teman. Tentu agar PD harus ada tekat, nah Cara membangun kepercayaan diri tersebut sebagi berikut
  • Melatih dari hal yang kecil
Misal anda sangat takut ketika berbicara di depan orang banyak, maka yang anda lakukan adalah berlatih, latihan itu bisa anda lakukan ketika besama teman-teman dengan membicarakan suatu topik dan anda menjadi pembicaranya atau anda bisa berbicara di depan cermin.

Anggaplah di cermin itu ada banyak orang dan anda berbicara seolah-olah anda adalah orang yang sangat penting sehingga anda harus mampu berbicara didepan orang banyak. Jadi latihlah alam bawah sadar anda dari hal yang kecil dan lama-lama alam bawah sadar anda akan terbiasa dan pasti anda akan percaya diri dan berani didepan umum.

Contoh simpel yang dimulai dari hal yang kecil adalah menabung, jika anda menabung pasti jumlahnya masih sedikit, namun ketika anda terus menabung maka jumlahnya akan semakin banyak. Nah begitu juga dengan kepercayaan diri, lakukan dari hal yang kecil sehingga mindset anda berfikir bahwa itu mudah sehingga menjadi sebuah kebiasaan.
  • Pengulangan
Hal ini adalah yang paling penting dan sangat susah dilakukan karena ini menuntut konsisten yang dilakukan secara berulang. Nah karena sudah berulang dilakukan maka akan terbentuk sebuah pola yaitu pola kebiasaan.

Setelah sudah terbiasa maka anda akan lupa yang namanya tidak percaya diri karena anda selalu melakukan hal yang sama setiap harinya dan secara tidak langsung, alam bawah sadar anda sudah terbiasa karena sudah terlatih.
  • Lakukan Auto Sugesti
Kenapa sugesti atau kata-kata untuk diri sendiri itu penting? Karena kata-kata itu memiliki kekuatan, doa dan mencerminkan siapa diri anda di masa yang akan datang. Lakukan auto sugesti ini setiap hari dan selalu berikan sugesti yang positif terhadap diri anda. Yang perlu dipahami adalah sugesti itu adalah doa jadi jangan sampai salah memberikan sugesti.

Anda bisa melakukan sugesti ini di rumah seperti di kamar, berikan sugesti pada diri anda dengan cara bercermin karena dengan bercermin anda dapat melihat diri anda sendiri lalu setelah itu ucapkan kata-kata positi seperti “saya pasti bisa” ini adalah kalimat yang memiliki kekuatan yang luar biasa dan dapat anda gunakan dalam hal apapun. (foto britagar.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel