Cara cerdas Menabung Untuk Menikah Meski Gaji Pas-pasan

Cara menabung untuk menikah  (foto halomoney. co.id)
Gimana ya cara menabung untuk menikah meski gaji pas-pasan? Pertanyaan tersebut sering terbesit didalam hati sanubari seorang lelaki walaupun sudah tahu gaji sungguh terbatas. Cara menabung untuk modal nikah bisa disiasati dengan cara sederhana. Meski Gaji anda 1jt 2jt atau 3jt, Bagaimana triknya?

Banyak yang galau karena sudah memiliki penghasilan tapi ketika ditanya tentang pernikahan masih saja galau karena kebutuhan sehari-hari untuk sendiri saja masih pas-pasan apalagi ditambah dengan biaya untuk mempersiapkan pernikahan. Pernikahan bukan masalah bersatunya antara pria dan wanita, namun pernikahan adalah masalah kesiapan, karena jika tidak ada kesiapan maka yang akan terjadi adalah perceraian.

Tentu semua tidak menginginkan hal tersebut karena yang diinginkan adalah menikah cukup sekali dan selama-lamanya. Persiapan pernikahan yang paling penting adalah persiapan finansial karena anda sudah menanggung istri dan bahkan ketika punya anak maka biaya hidup akan bertambah lagi. Oleh karena itu anda harus mempersiapkan hal-hal yang perlu dipersiapkan seperti menabung.

Lalu bagaimana cara menabung untuk mempersiapkan pernikahan? Jawabannya adalah anda harus memiliki planning. Berapa tahun lagi anda akan menikah dan berapa jumlah uang yang dibutuhkan ketika menikah?

Kalau sudah bisa dijawab tentu cara ini bisa diterapkan. Idealnya orang menikah setelah 5 tahun menjalin hubungan, lima tahun tersebut sudah cukup matang dan sudah sangat cukup mengenal pasangan.  

Cara Menabung untuk Modal Nikah

Misalkan anda menikah 5 tahun ke depan, maka anda sudah mulai menabung hingga sekarang. Misalnya saja anda menikah membutuhkan biaya 50 juta, jadi bagaimana caranya dalam satu tahun anda sudah memiliki tabungan 10 juta. Jika setahun itu dibagi dalam sehari maka anda hanya perlu menabung 28 ribu dalam sehari. Namun jika anda memiliki target menikah lebih cepat maka anda harus menabung lebih banyak perharinya. Artinya untuk jangka waktu 5 tahun anda perlu menabung Rp 28.000 per hari.

Bagaimana jika saya menikah 2 atau 3 tahun lagi dengan dana nikah Rp 50juta juga? Cara menyiasati nya tinggal anda kalikan 2 nominal tabungan harian tadi. Kalau tadi jangka 5 tahun harus nabung Rp 28.000 per hari berati kalau mau nikah dalam jangka 2 atau 3 tahun tinggal kalikan saja kelipatan dari 28.000 kali 2 sama dengan Rp 56.000 perhari. ink namanya cara menghitung target modal untuk menikah dengan hitungan menabung.

Lalu bagaimana cara nya jika tidak sanggup menabung sedemikan nominal nya? Solusi nya pinjam dengan kerabat dengan perjanjian yang benar. bisa saj pinjaman anda dengan kerabat tersebut diangsur per hari atau akumulasi perbulan. ini tergantung kesepakatan ya.

Jadi anda menabung sesuai dengan kebutuhan dan kapan waktu pernikahan itu akan dilangsungkan. Nah beruntunglah jika anda memiliki gaji untuk menyisihkan nominal tersebut sebagai bekal saat anda menikah nanti.

Ingat, Pernikahan adalah masalah berdua, bukan masalah orang tua. Orang tua boleh memberikan masukan tapi orang tua tidak boleh memaksakan karena jika sudah ada paksaan dari orang tua maka ditakutkan berujung yang tidak baik. Jadi ketika anda dan pasangan anda sudah ingin menikah maka segala sesuatunya harus dipersiapkan berdua dan mencari solusi berdua terutama Laki-Laki.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel