Cara Bijak Penuhi Kebutuhan Keuangan untuk Investasi

Cara bijak atur keuangan (foto republika.com)
Jika kita berbicara tentang kebutuhan keuangan pasti kita berbicara mengenai tujuan dari apa yang harus kita cadangkan dari keuangan kita. Setiap orang pasti memiliki kebutuhan dan tujuan yang berbeda mengenai keuangan.

Misalnya ada yang ingin beli rumah, haji, beli mobil atau membeli lainnya. Nah dilihat dari tujuan tersebut maka dapat dilihat kebutuhan keuangan yang harus kita pikirkan untuk mencapai tujuan tersebut.

Pertanyaan nya adalah, Sejak kapan kita harus memikirkan untuk mengatur kebutuhan keuangan sehingga sesuai dengan target? Jika ini tidak disiasati tentu kita akan dilanda mumet, masalahnya bukan berapa banyak gaji atau penghasilan. Karena tanpa cara bijak mengatur nya pasti akan merasa semua nya kacau.

Anda dapat mengatur kebutuhan keuangan dari ketika anda memiliki mimpi mengenai apa yang anda inginkan, pada saat anda memiliki mimpi maka anda harus berencana mengenai apa yang harus dilakukan untuk mencapai mimpi tersebut. 

Jadi sebaiknya jika mimpi anda besar maka harus cadangkan sesuatu sedini mungkin agar mimpi anda segera terpenuhi.

Bagaimana cara mencadangkan keuangan karena dalam mengendalikan pengeluaran cukup sulit? Apalagi bagi kita yang berpenghasilan pas pasan?

Cara Bijak mengatur keuangan adalah dengan mengetahui apa kebutuhan setiap harinya. Cara sederhana nya adalah setiap pendapatan yang anda dapatkan setiap bulannya maka harus anda sisihkan untuk investasi atau tabungan meski nilainya kecil dan bisa juga untuk investasi sementara sisanya adalah untuk kebutuhan lain-lain.

Jika kebutuhan banyak, lalu bagaimana cara untuk membeli asuransi dan investasi dan gaji pas pasan?

Caranya adalah dengan membalik pemikiran bahwa asuransi adalah sesuatu yang harus dialokasikan sejak awal karena asuransi adalah untuk jangka panjang yang melindungi diri sendiri karena kita tidak tahu apa yang akan terjadi dikemudian hari. jadi harus ditarik ke depan pemikiran bahwa asuransi adalah kebutuhan yang harus dipenuhi.

Lalu bagaimana cara bijak mengatur kebutuhan keuangan?

Bicara tetang kebutuhan keuangan maka bicara tentang tujuan keuangan, apa yang diinginkan? Nah dari keinginan tersebut anda bisa mengukur kira-kira akan melakukan apa untuk mencapai tujuan tersebut.

Perencanaan dengan baik mengenai tujuan keuangan, mencicil sedini mungkin akan jauh lebih baik agar tujuan segera tercapai. Dan yang tidak kalah penting adalah bedakan antara kebutuhan dengan keinginan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel