7 Cara Sukses Mengembangkan Usaha

Cacatrik - Jika membahas tentang usaha, pasti para pelaku usaha akan berfikir mengenai cara mengembangkannya, karena usaha yang berkembang merupakan impian semua orang. Ada banyak cara untuk mengembangkan usaha yang sudah diberikan oleh pengusaha sukses seperti dalam seminar atau forum diskusi tentang usaha.

Dari berbagai tips atau formula tentang mengembangkan usaha dari berbagai sumber tentu berbeda-beda, namun demikian anda bisa meresume dari berbagai sumber tersebut untuk dijadikan sebagai acuan, tentu acuanya adalah kesamaan dari berbagai sumber tersebut.

Kunci dari suksesnya sebuah usaha adalah dibutuhkan perencanaan yang matang dan kesiapan untuk menghadapi persahingan atau berbagai hal yang tidak terduga. Untuk itu anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk mengembangkan sebuah usaha. Berikut cara yang dapat anda terapkan:

Pertama, membuka cabang baru
Membuka cabang memang harus dilakukan ketika usaha awal anda sudah sukses dan hanya perlu pengawasan anda saja. Bukalah cabang usaha di daerah yang berbeda atau derah keramaian jika itu merupakan usaha seperti kuliner, intinya cabang usaha anda harus tempat yang strategis yang dicari banyak orang.

Kedua, adanya kemitraan atau jaringan
Kemitraan atau jaringan adalah cara untuk mengembangkan usaha karena semakin banyak relasi atau semakin luas jaringan, maka akan memungkinkan untuk usaha anda akan semakin berkembang. Misalnya saja anda menawarkan adanya waralaba.

Anda bisa melihat contoh-contoh sukses sebuah usaha karena adanya waralaba atau kemitraan. Salah satu contoh yang bisa anda lihat adalah usaha McD. Usaha ini merupakan usaha yang sudah mendunia yang berasal dari Amerika. Dalam menjalankan usaha waralaba anda harus memiliki standar operasional tertentu atau pengawasan yang cukup agar mitra anda bisa berkembang.

Ketiga, adanya iklan Agar usaha anda dapat semakin berkembang, maka anda harus mengiklankan usaha anda. Pasti anda sudah tau apa fungsi dari pengiklanan tersebut, salah satu fungsi tersebut adalah untuk memperluas jangkauan. Jadi anda jangan takut untuk mengeluarkan sedikit uang demi untuk usaha yang berkembang. Pilihlah media yang terpercaya untuk mengiklankan usaha anda, pengiklanan dapat berupa media cetak ataupun online.

Keempat, manfaatkan online shop
Pada zaman sekarang sudah banyak sekali aplikasi online yang dapat dijadikan sebagai sarana untuk berjualan. Cara ini merupakan salah satu cara yang efektif dalam mengembangkan usaha anda karena dengan berjualan melalui online, maka akan semakin bertambah pula pendapatan anda, pada zaman modern seperti sekarang ini, sudah sangat lumrah untuk bertransaksi melalui online karena banyak orang yang menginginkan sesuatu tapi malas untuk keluar, maka melalui  online ini salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada pelanggan. Ada banyak online shop yang dapat anda gunakan seperti lazada, shopee, tokopedia dan lain sebagainya.  Maka manfaatkan situs-situs tersebut.

Kelima, lakukan kerjasama
Melakukan kerjasama dengan usaha lain merupakan salah satu cara untuk membuka peluang baru. Misalnya saja jika anda menjalankannusaha dalam bidang kuliner maka anda dapat bekerjasama dengan pengusaha penyedia bahan baku yang anda butuhkan. Fungsi dari jalinan kerjasama ini adalah memperluas jaringan dan tentu anda dapat saling bertukar fikiran dalam mengembangkan usaha dengan mitra kerjasama anda.

Keenam, ciptakan target yang baru
Jika usaha anda selama ini memiliki target kalangan menengah ke atas, maka anda dapat memperluas target dengan kalangan menengah ke bawah dengan catatan dengan jenis usaha yang sama. Jadi semua kalangan dapat merasakan adanya usaha anda. Jika usaha anda dibidang kuliner yang tadinya usaha anda adanya di mall, maka untuk memperluas pangsa pasar, anda dapat menciptakan usaha yang baru yang anda buka dipinggir jalan.

Ketujuh, menjadi suplier
Jika usaha anda sudah menjadi usaha yang besar maka untuk mengembangkan usaha, anda dapat menjadi suplier dengan harga yang lebih murah. Misalnya saja anda menjalankan usaha sembako, maka jadilah suplier yang menaungi usaha-usaha kecil untuk memasok kebutuhan mereka. Dengan begitu usaha anda akan semakin berkembang.(foto petrolad.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel