Cara Membuat Tahu Simpel Mudah

Cacatrik - Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tahu sangat banyak sekali penggamrnya sehingga banyak juga yang ingin mengetahui bagaimana cara membuatnya. Apalagi bagi ibu-ibu yang memiliki hoby untuk membuat sesuatu yang baru. Nah, bagi ibu-ibu  yang ingin mencoba membuat tahu sendiri maka berikut bahan dan cara membuatnya.

Bahan-bahan dan alat yang perlu dipersiapkan:

-Kacang kedelai yang sudah direndam, banyaknya kedelai tergantung keinginan
-Cuka makan. Setiap 1 kg kedelai siapkan 100 mililiter   cuka
-Air

Alat-alat:
-Blender
-Panci Besar
-Kain dan Sringan

Cara membuatnya:
Pertama. Rendam kedelai selama 12 jam, setelah itu buang air rendaman dan cuci hingga kedelai bersih. Setelah itu haluskan kedelai menggunakan blender dan tambahkan air, banyaknya air adalah dua kali lipat dari banyaknya kedelai agar memudahkan mesin blender untuk menghaluskan kedelai dan pastikan kedelai benar-benar halus.

Kedua. Jika kedelai sudah halus, maka langkah selanjutnya adalah saring gilingan kedelai  dengan menggunakan saringan yang memiliki lubang yang rapat agar memudahkan untuk memisahkan sari kedelai dengan ampasnya. Saring kedelai sedikit demi sedikit  sampai air kedelai tidak tersisa lagi. Penyaringan ini bertujuan agar tahu yang dihasilkan nantinya lebih lembut.

Ketiga. Masak sari kedelai yang sudah disaring, rebus sari kacang kedelai hingga mendidih. Setelah itu angkat rebusan dan tunggu hingga uap panasnya menghilang dan tambahkan cuka salad. Jika tidak memiliki cuka salad maka kamu dapat menggunakan air perasan lemon, aduk sari kedelai dengan cuka atau air lemon hingga merata.

Keempat. Terakhir, jika adonan tahu sudah mulai menggumpal atau membeku, maka masukan ke dalam wadah cetakan atau loyang  tahu yang sudah dilapisi dengan kain yang tipis. Ratakan adonan dan tutup lagi menggunakan kain. Jika sudah benar-benar beku maka kamu sudah dapat memotong loyang tahu menjadi beberapa bagian menjadi lebih kecil. (foto beritajatim.com)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel