Cara Hitung Jumlah Genteng Metal, Tanah dan Genteng Keramik

Genteng dapat dihitung luas dan jumlah unitnya (isi) dalam tiap 1 meter persegi. Untuk mengetahui jumlah genteng dalam 1 meter persegi tiap-tiap genteng berbeda-beda.

Sebelum membahas cara menghitung jumlah genteng mari kita bahas dulu macam - macam genteng agar saat menghitungnya tidak salah.

Jenis genteng ada 4 yaitu; genteng tanah liat, genteng keramik, genteng beton dan genteng lembaran (metal). Dari 4 jenis genteng tersebut di pasaran dapat ditemukan nama-nama sebagai berikut;

1. Genteng Lembaran
Contoh genteng metal, asbes, campuran metal dan pasir serta campuran aspal dan pasir. Genteng lembaran biasa nya tiap 1 meter persegi antara 1,56 s/d 1,77 lembar.

2. Genteng Tanah Liat
Contoh genteng kampung soka, genteng jatiwangi, genteng kodok, genteng ini tiap 1 meter persegi berisi 24 s/d 25 unit.

3. Genteng Keramik
Cintohnya genteng kanmuri, monnir, mclass dll. Genteng ini tiap 1 meter persegi memiliki isi 19 unit.

4. Genteng Beton
Contohnya genteng beton gelombang dan genteng beton flat. Genteng ini tiap 1 meter persegi berisi 9 s/d 10 unit.

Cara Menghitung jumlah Genteng berdasarkan Luas atap Rumah

Nah cara menghitung jumlah genteng sangat mudah karena dari empat jenis genteng diatas sudah bisa dijadikan rumus. Jadi disini kita harus mengetahui ukuran luas dari atap rumah kita dahulu untuk memudahkan dalam  berapa banyak jumlah genteng yang diperlukan. Sebagai contoh kasus;

Apabila luas atap rumah adalah 10m x 9m = 90 meter persegi tiap sisinya, maka total luas atap Anda menjadi 90m x 2 (jumlah sisi atap rumah) = 180 meter persegi. Dan apabila menggunakan jenis genteng Metal, maka jumlah genteng yang dibutuhkan adalah 180 x 1,77 = 101 lembar genteng.

Begitu juga sebaliknya jika kita pakai genteng tanah liat dengan volume yang sama yakni 180 m2 maka dikalikan saja dengan 25 = 4.500 buah. Dalam perhitungan genteng yang paling utama adalah volume nya harus akurat. Karena kalau salah bisa saja genteng yang kita order kurang atau lebih banyak. (foto nikifour.co.id)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel