Cara Cek Berita Hoax yang Beredar di WhatsApp dan Media Sosial

Cacatrik.com - Bagaimana cara cek berita hoax? Berita hoax sering kita jumpai di whatsapp dan media sosial terkadang membuat resah masyarakat. Meski saat ini media nasional kurang kredibel bahkan sebagian sudah tidak mempercayai. Dan memang saat ini media sosial yang lebih berimbang dalam mengungkap fakta.

Namun untuk mengetahui hoax baik di media sosial ataupun media nasional diperlukan cara yang tidak terlalu sulit. Karena saat ini berita hoax akan terbongkar apalagi informasi yang kita terima via whatsapp sangat mudah diketahui.

Seiring berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, banyak sekali media masssa yang membuat berita yang sedang hangat atau yang sedang viral. Peran media massa dalam penyebaran suatu berita akan sangat mempengaruhi pola pikir masyarakat dan juga dapat mempengaruhi kondisi sosial masyarakat di suatu daerah, oleh sebab itu, sangat penting bagi media massa untuk menyebarkan berita yang fakta bukan berita yang hoax.

Fenomena hoax yang dapat merusak karakter bangsa, berita hoax merupakan informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Dengan membaca artikel ini, diharapkan pengguna media sosial atau pembaca berita mampu membedakan mana yang berita hoax dan mana berita yang benar atau real.

Menurut Silverman, berita palsu dibuat untuk menarik harapan dan ketakutan masyarakat yang tak terbatas kenyataan. Fenomena ini masih sangat sering terjadi terutama di media online, akibat dari berita hoax ini banyak masyarakat yang mudah terpengaruh dan tanpa mencari tahu kebenarannya akan berita tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengetahui berita itu hoax atau tidak, berikut caranya:

- Nama situs atau sumber tidak jelas

Ketika kita membaca sebuah berita maka pertama kali yang harus dilihat adalah darimana sumbernya, karena jika sumber tidak terpercaya maka berita yang dimuat juga biasanya tidak dapat dipercaya. Contoh situs yang memuat berita hoax seperti nama media yang terkesan propokatif.

- Judul umumnya terkesan provokatif

Ketika akan membaca sebuah berita maka yang pertama kali yang akan dibaca adalah judulnya, jika judulnya saja sudah bersifat provokatif maka dapat dipastikan bahwa berita yang dimuat adalah berita hoax.

- Cek dan ricek atau bandingkan dengan sumber lain

Jika sudah membaca dari satu sumber maka harus dan cek dan ricek dengan sumber lain, jika berita itu benar maka sumber lain juga akan memuat berita yang sama sedangkan jika berita itu hoax maka di sumber lain akan berbeda isinya meskipun dengan topik yang sama.

- Lihat Penulisnya

Setiap berita pasti ada nama penulisnya, jadi harus dilihat siapa yang menulis berita tersebut, jika berita tidak ada nama penulisnya maka dapat diidentifikasi berita itu tidak benar karena nama penulis tidak tercantum. (referensi foto wargajogja. net)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel