Cara Menghitung Kebutuhan Batako Pagar dan Dinding

Bagaimana cara Menghitung Biaya dan jumlah pagar batako? Menghitung biaya saat akan membangun pagar harus dilakukan dengan benar, apalagi saat kita ingin membangun pagar batako.

Panjang dan tinggi pagar kudu mesti diketahui terlebih dahulu sehingga saat penghitungan jumlah batako bisa ditaksir dengan benar.

Perhitungan biaya pembuatan pagar tembok batako dapat dengan mudah asal Kita harus tahu berapa panjang dan tinggi tembok pagar batako yang akan kita bangun?
  • Menghitung Kebutuhan Batako
Untuk diketahui, dalam 1 meter persegi (m²) jumlah batako ada 18 pcs, artinya jika menghitung Volume Anda bisa dengan mudah menjumlahkan nya.

Jika dijabarkan secara jelas rumus menghitung Volume pagar tembok batako adalah sebagai berikut:
Total Batako = Panjang tembok X Tinggi Tembok X 18 baru dikalikan harga / pcs

Misalnya:
Pak Jimmy akan membangun tembok untuk pagar Rumahnya. Dan diketahui panjang area yang akan dipagar adalah 15 meter dengan ketinggian 3 meter. 

Maka berapakah jumlah batako yang dibutuhkan? Untuk mengetahui nya kita cukup memasukkan kedalam rumus diatas.

15m X 3m = 45m X 18 (batako) = 810 pcs.

Jadi total Batako yang diperlukan untuk membuat pagar tembok pak Jimmy tersebut panjang 15 meter X 3 meter adalah berjumlah 810 buah batako.

  • Menghitung Biaya
Total batako yang dibutuhkan tadi tinggal kalikan saja dengan harga. Misal harga batako per buah nya Rp 2000 maka tinggal kalikan saja dengan jumlah batako tadi.
2000 x 810 = Rp 1.620.000,-

Sedangkan jika dikonversi ke meter persegi (M2) maka:
1.620.000 : 45 = Rp 36.000/ m²

Seandainya anda ingin menggarap pagar batako orang lain plus jasa pasang dan material tinggal mengajukan pilihan kepada konsumen mau hitung bijian atau hitungan Meter persegi borongan.

Sedangkan jika menggarap lahan sendiri ya tinggal cari tukang pasang. Nah demikianlah cara menghitung jumlah batako untuk pagar, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel