Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Ada 10 Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda

Cacatrik.com - Perasaan mual yang dirasakan oleh calon ibu saat hamil muda memang sudah sering terjadi  dan perasaan mual itu dapat terjadi kapan saja. Perasaan mual dapat mengganggu aktivitas dan tidak ada obat untuk mengatasinya. Untuk itu ada beberapa cara untuk mengatasi mual saat hamil muda.

1. Makan Sedikit Namun Sering.

Saat mual karena mengidam terkadang anda tidak ingin makan, namun makan itu penting agar  anda mendapatkan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh anda dan bayi anda. Usahakan perut anda tidak kosong dengan cara makan makanan dalam jumlah sedikit namun sering.

2. Perbanyak Minum.

Sangat penting bagi anda agar terhindar dari dehidrasi terutama bagi anda yang sering merasa mual. Semakin terhidrasi maka anda akan semakin merasakan mual, untuk itu perbanyak minum air putih.

Anda harus berusaha minum sekitar 7-8 gelas air sehari, Meskipun demikian, hindari minum terlalu banyak karena air dapat menimbulkan perasan kenyang sehingga anda tidak merasa lapar sepanjang hari sedangkan anda perlu asupan makan untuk anda dan janin.

3. Makan Kudapan Kue Kering atau Cracker.

Beberapa wanita yakin bahwa creaker dapat mengatasi mual. Krecker merupakan cemilan yang sangat cocok karena murah, mudah dibawa dan mudah untuk dicerna.

4. Makan Makanan yang Hambar. 

Usahakan untuk hanya memakan hambar seperti nasi yang tanpa adanya tambahan bumbu. Usahakan untuk menghindari makanan yang pedas, asam dan yang digoreng yang dapat mengacaukan perut anda.

5. Hindari Makanan Berbau

Makanan yang berbau  tertentu akan membuat anda mual, seperti bau pizza  atau bau makanan lainnya. Setelah anda mengetahui bau yang membuat anda mual  maka anda harus menghindarinya.

6. Menggosok Gigi.

Gosok gigilah secara menyeluruh dan berkumurlah dengan obat kumur setelah makan, hal ini untuk mencegah bau dan rasa makanan yang menempel  pada gigi.

7. Jangan Berbaring Setelah Makan.

 Anda harus menghindari berbaring setidaknya 30 menit setelah makan karena posisi berbaring dapat  menggangu  pencernaan dan menyebabkan mual

8. Carilah Udara Segar.

Pergilah dari ruangan pengap dan carilah udara segar dan olahraga ringan. Tarik nafas dalam-dalam dari hidung lalu keluarkan melalui mulut.

9. Minum Perasan Lemon.

Lemon memiliki efek  yang menenagkan secara alami  yang dapat meredakan mual dan dapat membuat anda merasa segar dan ceria. Cobalah minum perasan lemon yang telah dicampur  dengan air hangat untuk mengatasi mual

10. Minuman Jahe.

Jahe telah digunakan sejak berabad-abad lalu untuk meredakan rasa mual . cobalah meminum muniman jahe asli dengan menambahkan potongan tipis jahe ke dalam air panas. Bila minuman itu tidak berhasi maka anda bisa mencoba cemilan yang terbuat dari jahe.