Cara Menjawab Pertanyaan HRD Saat Interview Melamar Pekerjaan

Cacatrik.com - Yang mau lamar kerja, nih cara menjawab pertanyaan HRD (Human Resources Departement) atau dalam bahasa Indonesia disebut divisi sumber daya manusia.  Secarau umum HRD adalah departemen dalam perusahaan yang bertanggung jawab menangani pengelolaan SDM atau karyawan dalam suatu perusahaan atau organisasi.

Buat kamu yang mau di interview alias menjawab pertanyaan dihadapan HRD harap menjaga sikap ya, karena seorang HRD memiliki latar belakang pendidikan psikologi. Dalam proses wawancara, mereka biasanya dapat mengetahui secara psikologis gerak gerik sikap kita saat interview berlangsung. 

Lalu bagaimana menyiasati agar pertanyaan yang diajukan kepada kita saat melamar kerja bisa terjawab dengan? Oke, say akan kasih tau bagaimana cara menjawab pertanyaan HRD pada saat kamu melamar kerja/ interview. 

Berikut cara menjawab pertanyaan yang sering ditanyakan HRD dan cara kamu menjawabnya adalah:


Nah pertanyaan ini untuk mengetahui apa alasan anda untuk bekerja di perusahaan tersebut, apakah kamu bekerja hanya semata-mata karena uang atau hanya mencari pengalaman atua bahkan untuk karir yang lebih jelas.

Untuk menjawab pertanyaan ini kamu bisa menjawab seperti "perusahaan ini sudah memiliki nama yang banyak dikenal dimasyarakat jadi dengan bekerja di perusahaan ini saya dapat bekerja dengan tim, menambah pengalaman dan ilmu dalam menjalankan tugas-tugas pekerjaan saya".


Pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa besar anda mengetahui tentang diri anda sendiri, hindari jawaban "Hanya orang lain yang dapat menilai"

Jadi jawablah pertanyaan tersebut dengan menceritakan kelebihan anda misalnya jika di bidang marketing anda bisa menjawab bahwa Anda memiliki kemauan yang keras, dapat bekerja di bawah tekanan, dapat bekerja dengan target dan mudah berkomunikasi.


Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh anda mengenal diri sendiri. Anda dapat menceritakan kelemahan anda tapi anda juga harus menceritakan bagaimana anda mengatasi kelemahan tersebut.

Misalnya anda kurang menguasai bahasa Inggris tapi anda sedang berusaha dengan menjalankan beberapa program bahasa Inggris untuk menunjang pekerjaan anda nantinya. 


Pertanyaan ini untuk mengetahui seberapa aktif anda alami mencari informasi dan seberapa niat anda kerja di perusahaan tersebut. 

Cara menjawab pertanyaan ini kamu dapat menceritakan tentang perusahaan tersebut, mulai dari kelebihan perusahaan, produk seperti apa yang ditawarkan dan seperti apa pangsa pasar perusahaan tersebut jika perusahaan tersebut bergerak di bidang perdagangan. 


Untuk menjawab pertanyaan ini kamu harus menjual diri kamu, maksudnya kamu harus menceritakan kelebihan atau keahlian yang kamu miliki sehingga kamu pantas di posisi yang kamu lamar. Hindari jawaban yang bertele-tele seperti menceritakan tentang latar belakang kamu, kecuali jika diminta.


Sebelumnya. Pertanyaan ini bisa saja menjebak anda karena secara tidak sadar anda akan menceritakan kejelekan perusahaan sebelumnya, jadi hindari jawaban seperti hal tersebut. 

Nah kamu bisa menjawab seperti  "perusahaan sebelumnya memberikan pengalaman yang sangat berharga, namun saya tidak bisa berkembang jika bekerja di lingkungan yang sama, jadi dengan bekerja di perusahaan sebesar ini akan sangat membantu saya"


Pertanyaan ini untuk mengetahui visi dan misi anda hindari jawaban ingin memiliki usaha sendiri.

Anda bisa menjawab seperti "Saya berharap dalam jangka waktu 5 tahun Kedepan perusahaan ini dapat lebih maju dan saya diberi kepercayaan dan posisi dengan tanggung jawab yang lebih"


Pertanyaan ini bertujuan untuk melihat seberapa besar tekat dan kepercayaan diri anda melamar. Jawaban yang bisa anda berikan adalah "saya memenuhi kualifikasi yang ditentukan oleh perusahaan ini, dan dengan latar belakang pendidikan yang sesuai pada posisi ini maka saya dapat bekerja dengan baik di perusahaan ini"


Pertanyaan ini bertujuan untuk membandingkan keahlian anda dengan kesesuaian gaji yang anda minta, hindari jawaban sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Jawaban yang anda berikan seperti “saya sudah menghitung biaya hidup dan kisaran gaji pada posisi ini, maka saya harap perusahaan dapat memberi gaji sebesar Rp.........s/d Rp...........


Pertanyaan ini bertujuan untuk mengetahui seberapa antusias anda ingin bekerja di perusahaan tersebut dan mengetahui seberapa dalam riset yang anda milikiki tentang perusahaan. 

Misalnya pertanyaan yang bisa anda ajukan adalah "saya mengetahui bahwa perusahaan ini memiliki banyak cabang, tapi mengapa di daerah A tidak ada cabang, apakah ada alasan mengapa tidak dibuka cabang di daerah tersebut".

Interview merupakan merupakan tes yang digunakan untuk mengetahui informasi tentang pelamar, hanya dengan menanyakan beberapa pertanyaan kepada pelamar, seorang HRD sudah bisa mengetahui standar yang mereka cari dari jawaban yang kamu sampaikan. 

HRD sudah memiliki standar khusus agar pelamar dapat diterima, oleh karena itu seorang pelamar tidak cukup menjawab pertanyaan dengan jujur sehingga kamu perlu teknik khusus agar jawaban kamu dapat menjadi nilai lebih sehingga peluang kamu akan menjadi lebih besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel