Cara Menghitung Kebutuhan Keramik 50x50 dan Ukuran Lainnya

Menghitung kebutuhan Keramik / Granit dilakukan agar kita punya gambaran kira - kira berapa jumlah keramik yang akan dibeli? kita juga dapat mengetahui biaya yang akan kita keluarkan.

Pada artikel ini kami bagikan cara menghitung jumlah keramik lantai dengan penggunaan keramik ukuran 50x50cm. dan Hitungan ini sebenarnya berlaku untuk semua ukuran keramik.

Cara menghitung jumlah kebutuhan keramik / granit sangat mudah yang sulit itu masang nya 😊. Untuk melakukan pemasangan ada baiknya lakukan konsultasi dahulu dengan orang yang telah berpengalaman, hal ini bertujuan untuk proses pemasangan keramik pada rumah anda dapat dilaksanakan dengan benar.

Pemasangan keramik geranit (foto timtukang)
Biasanya lokasi pemasangan keramik itu untuk dipasang pada lantai diberbagai ruangan termasuk garasi mobil, balkon dan lain sebagainya.

Pada umumnya keramik yang dijual di pasaran berukuran 20x20, 25x25, 30x30, 40x40, 50x50 dan 60x60. Sedangkan untuk ukuran 80x80 ke atas biasanya berbahan dasar marmer, granit dan semi granit.

Umum nya 1 dus keramik memiliki luas total 1 m2. Namun tidak semuanya mempunyai luas total tepat 1 m2. Dengan kata lain, ada yang kurang dari 1 m2 dan ada yang lebih dari itu. Berikut tabel nya:
Misalkan lantai yang akan kita pasang keramik adalah lantai ruang tamu 6 x 5 = 30 m² dan kamar utama adalah 4 x 4 = 16 m² maka : Luas lantai yang akan dipasang keramik = 46 meter persegi.

Sekarang misalkan ukuran keramik yang akan kita pakai adalah 50cm x 50 cm, dari penjelasan sebelumnya bahwa satu kotak untuk ukuran 50 x 50 mengisi seluas 1,44 m² maka :

Kebutuhan keramik netto belum termasuk 3 % antisipasi yang pecah adalah 46 : 1,44 = 31,94 kotak. Karena kita mengantisipasi ada yang pecah misalkan 3 persen (mengenai persentase ini bisa ditanyakan kepada tukang yang berpengalaman ) maka 31,94 x 103% = 33 kotak.

Jadi untuk memasang keramik pada dua ruangan tersebut memerlukan sebanyak 33 kotak/dus dengan ukuran keramik 50x50. Cara menghitung di atas berlaku untuk semua ukuran keramik. dan tidak hanya berlaku pada keramik 50x50 saja.

Anda bisa coba terapkan cara menghitung tersebut untuk keramik atau geranit berbagai ukuran. karena rumusnya sederhana dan tidak ribet. Demikian semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel