Cara Menghitung Biaya Pasang Paving Block plus Pasir dan Tukang

Bagaimana Cara menghitung Biaya Pemasangan Paving block plus pasir? dan berapa Perkiraan biaya ongkos tukang nya? Ada beberapa hal yang harus dilakukan terutama bagi anda yang ingin mencoba menghitung biaya paving+pasir+tukang.

Perhitungan ongkos paving halaman (pekarangan) dapat jadi rencana awal untuk Anda dalam membangun halaman Anda lebih indah serta terhindar dari becek sepanjang musim hujan.

Biaya paving yang kita bicarakan saat ini bukan hanya ongkos dari perusahaan atau vendor ternama di Indonesia, tetapi harga yang dapat Anda temukan di kota-kota terdekat.

Sebenarnya untuk menghitung biaya pemasangan paving itu mudah, anda tinggal panggil tukang disekitar anda untuk menghitung nya 😊. Tetapi jika anda ingin mencoba menghitung sendiri ya tidak masalah dicoba.

Perhitungan yang kami sajikan ini hanyalah Perkiraan saja, karena setiap daerah di indonesia memiliki harga tersendiri. Cara menghitung biaya paving perincian nya yaitu :
  • Harga material paving terima ditempat berapa?
  • Ongkos tukang pasang berapa?
  • Beli pasir berapa?
  • Atau Kalau terima Beres Berap?
Cara Menghitungnya Mudah
Contoh Pemasangan paving segi 6
Langkah pertama hitung berapa luas halaman / lahan yang akan anda pasang paving block.

Misal luas halaman tempat tinggal yang akan dipasang paving berukuran 4m x 5m = 20 m² berati luasnya 20 m².

Langkah ke dua tinggal kalikan harga paving block per meter nya terima dilokasi anda berapa.

Misal harga paving Rp 65. 000 / m² maka kalikan dengan luas lahan 65.000 x 20 m² = Rp. 1.300.000,- (harga material paving)

Langkah ketiga menghitung biaya pasir yang diperlukan. Biasa nya satu mobil pickup pasir pick up itu untuk pemasangan 10m² paving. Nah berati jika lahan paving 20 m² perlu 2 mobil pickup pasir. (Jika lahan nya tanah keras cukup 1 mobil pickup)

1 mobil pasir pickup biasanya Rp. 300.000 x2 jadi diperlukan Rp. 600.000. (biaya pasir)

Langkah ke empat menghitung upah tukang pasang paving dengan perhitungan nya per m² juga. Biasanya tukang paving hitungan nya Rp 15.000/m² maka biaya untuk ongkos tukang dikali luas:
20 m² x 15.000 Rp 300.000,-

Dari hitungan diatas dapat kita Estimasi biaya pasang paving block dengan luas lahan 20m² biaya keseluruhannya adalah Rp. 1.300.000 + Rp. 600.000 + Rp. 300. 000 = Rp. 2.200.000,-.

Jika anda tidak mau ribet menghitung biaya maka pesan paving terima terpasang saja dan bandingkan dengan hitungan anda jika beli material saja. Apakah lebih murah atau lebih mahal. anda sendiri yang menentukan.

Perlu diketahui bahwa harga material paving block berbeda beda tergantung dari model dan ketebalan serta mutu nya. Ada mutu paving jelek ada juga yang bagus.

Paving block yang paling murah adalah yang segi enam. Sementara harga paving model bata lebih mahal. Paving model bata paling murah Rp 105.000/ m² mutu K300. dan harga paling tinggi paving block material saja adalah paving model bata tebal 10cm dengan mutu K400.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel