Cara Menghitung Biaya Borongan Pasang Pagar Panel Beton

Apakah anda ingin menggarap proyek borongan pemasangan pagar panel beton? Tentunya hitungan borongan harus ditaksir terlebih dahulu.

Jika untuk pemborong harus tahu berapa total modal yang harus disiapkan? Atau bagi yang ingin memesan terpasang tidak perlu repot menghitung karena bisa ditanyakan langsung kepada pemilik pabrik.

Untuk cara menghitung biaya borongan pemasangan pagar panel sangat gampang. Terkadang bagi yang belum tahu menghitung nya akan salah. Sering selip karena item tidak dihitung secara detail.

Perhitungan biaya borongan pasang pagar panel beton ini sangat bermanfaat bagi mereka yang akan memborong pekerjaan pagar beton.

Teknik perhitungan nya sederhana dan bisa dihitung secara singkat, Anda cukup mengetahui panjang area yang ingin dipagar dan berapa tinggi nya, lalu kali kan dengan harga.

Contoh cara Hitung Borongan Pagar Panel Beton

Misalnya, anda akan memborong pemasangan pagar panel dengan lahan 20m x 20m. Maka untuk menentukan total panjang nya adalah jumlahkan seluruh sisi:

P+Lx2 = 20+20x2 = 80 m¹
Atau 20+20+20+20 = 80m¹ (meter lari).
Maka jumlah panjang (keliling) yang mau di pagar adalah 80 meter lari, Baru dikali Tinggi pagar misalnya tinggi pagar nya 2 meter maka cara hitungan borongan nya adalah:

Biaya (Harga per Meter persegi)

80 x 2= 160 m² (meter persegi) baru di kali harga. misal harga pagar panel terpasang didaerah anda Rp 175.000/ m2 tinggal kalikan saja.

160 m² x 175.000 = Rp 28.000.000,- Berarti total biaya untuk pemasangan pagar panel lahan 20x20 dengan tinggi pagar 2 meter anda mengeluarkan biaya Rp 28.000.000.

Biaya (Harga per Meter Lari)

Sedangkan untuk menghitung jumlah biaya per 1 meter lari nya adalah Harga dikali tinggi, 175.000 x Tinggi 2m = Rp 350.000 /m¹. Jadi jumlah biaya jika dihitung per 1 meter lari nya adalah Rp 350.000.

Berapa Jumlah Panel dan Tiang?
Berapa Biaya nya?

Jumlah panel:
Karena umumnya lebar panel 40cm dengan panjang 240cm (2,4m) , maka untuk tinggi 2m = 5 susun panel.

Untuk menentukan total jumlah panel nya adalah 80m : 2,4 x 5 = 160 panel. Untuk harga material panel saja umumnya Rp 120.000 / buah belum termasuk jasa pasang.

Jumlah Tiang:
Untuk jumlah tiang tinggal dibagi saja 80m : 2,4 = 34 tiang. Untuk harga 1 tiang jika kita beli satuan Rp 145.000 sampai dengan Rp 290.000 / tiang. Tergantung tinggi tiang.

Upah Borongan Tukang Pasang

Biasanya untuk upah borongan tukang pasang dihitung per biji terpasang. Untuk upah Jasa tukang pasang dan panggul Rp 25.000 / buah. Setiap daerah tarif pasti berbeda.

Jika anda ingin membuat RAB proyek borongan pagar panel beton tidak perlu repot tinggal konsultasi saja dengan pemilik pabrik panel.

Sedangkan bagi anda yang ingin memasang pagar pada lahan pribadi juga tidak perlu repot menghitung perincian nya karena pihak pabrik akan memberikan harga paket pemasangan pagar panel beton terpasang, terima beres.

Perlu diketahui Pagar panel ada 2 tipe dan anda jangan terkecoh karena harga kedua jenis ini tentu berbeda. Jenis Pagar Panel adalah Model Tumpul dan Knock down.

1. Tipe Tumpul (Renggang / Bercelah)

Jenis ini biasa nya pada tiap sisi ada celah (renggang). Sehingga pada saat sudah terpasang anda akan risih dan pasti ditempel tempel pada tiap celah, Tentu ini merepotkan.

Pagar panel cnockdown tipe ini ada sisi cembung dan cekung sehingga saat terpasang pagar akan saling mengikat dan tidak ada celah sedikit pun apalagi ditempel tempel. Jadi tinggal anda yang menentukan pilihan.
Pagar panel beton memiliki kelebihan tersendiri yaitu:
  • Kokoh, Kuat dan Tahan Lama, karena setiap material panel dan tiang itu dicetak dengan memasukkan besi di dalamnya. Untuk jangka panjang tahan terhadap perubahan cuaca, dan dapat bertahan lama (puluhan tahun)
  • Mudah Dipindah, Ini poin penting seperti yang telah kami jelaskan diatas pagar panel bisa dibongkar pasang sehingga tidak membutuhkan biaya lagi untuk pasang baru.
  • Pengerjaan Cepat, Biasanya pemasangan pagar panel di tanah datar 1 hari bisa mencapai 90 meter lari. Maka nya untuk lahan luas, material pagar panel paling diminati.
  • Lebih Efisien, Selain pengerjaan cepat tentu efisien waktu alias gk pake lama.
  • Biaya Murah, Karena biasanya pembelian material terima terpasang. Artinya sebagai pembeli kita tidak perlu menyiapkan semen, batu, pasir dan alat alat lainnya.
Nah demikianlah cara menghitung borongan biaya pemasangan pagar panel beton. Semoga bermanfaat ya boosss. Perlu diketahui bahwa setiap pemasangan pagar panel beton ada nama nya Opname (Pengukuran Akhir) dimana ketika pengerjaan sudah finish.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel