Cara Hitung Kebutuhan Atap Baja Ringan Dengan Mudah

Anda punya rencana membangun rumah baru atau mau renovasi atap menggunakan baja ringan? Hitung sendiri aja kebutuhan nya mudah kok, Cara nya sangat simpel bagaimana menghitung volume atap baja ringan ini.

Rumus perhitungan nya pun sangat mudah sehingga anda bisa mengestimasi kebutuhan material dan juga harga per meter persegi nya berapa.

Selain itu anda bisa menyesuaikan jumlah kebutuhan rangka atap baja ringan sesuai dengan budget. Rangka atap baja ringan biasanya dihitung dalam satuan meter persegi (m2).
Misalkan anda ingin membangun rumah / kantor dengan ukuran 9 x 9 meter dengan overstek masing-masing di keempat sisi 1 meter dengan derajat kemiringan 35 derajat, maka dapat kita hitung volume rangka atap baja ringan bangunan tersebut sebagai berikut :

Panjang Bangunan = 9 + 1 + 1 = 11 m
Lebar Bangunan = 9 + 1 + 1 = 11 m
Derajat Kemiringan = cos 35 = 0.819
Volume = 11 x 11 : 0.819 = 147.7 m2
Jadi hasilnya volume atap tersebut yaitu 147.7 m2
Sangat mudah bukan? Anda bisa terapkan rumus tersebut, Berapapun ukuran bangunan nya, anda akan mudah mengetahui volume nya.

Dahulu orang membangun rangka rumah/ bangunan dengan kayu. Saat ini sudah berubah dan tidak menggunakan kayu tetapi beralih ke baja ringan.

Kebutuhan baja ringan sudah menjamur tak hanya di kota tetapi di perkampungan pun sudah memakai baja ringan.

Material atap baja ringan memiliki kekuatan yang tinggi tetapi memiliki bobot yang ringan sehingga menghemat struktur bangunan, Lebih tahan karat dan tidak memerlukan finishing cat lagi, Mutu materialnya tidak berubah-ubah sehingga tidak lapuk karena usia lanjut.

Keunggulan lain baja ringan adalah tidak terpegaruh serangan rayap, ramah lingkunga, Mudah pemasangannya dan lebih cepat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel