6 Cara Unik Menabung Celengan Agar Semangat dan Cepat

Cacatrik.com - Cara menabung ini patut dicoba, terutama bagi kita yang malas atau susah menyisihkan uang. Biasa nya menabung bisa disiasati dengan banyak cara cerdas seperti yang akan kami sajikan pada artikel ini.

Menabung merupakan suatu tindakan dimana kita memanfaatkan waktu untuk menyisihkan uang secara kontinyu diluar kebutuhan sehari hari. Percayalah uang yang kita tabung itu pasti akan bertambah.

Orang yang suka menabung memiliki impian dimana dampak nya dapat merubah gaya hidup seseorang yang awalnya suka menghamburkan uang yang gk penting jadi hemat.

Dalam dunia menabung kita diajarkan untuk hemat. Hemat bukan berati pelit, Pepatah mengatakan "Hemat pangkal kaya" maksudnya ya hemat karena menabung bukan hemat karena pelit. Kalo pelit kan sifat, kalo hemat itu tindakan.

Nah bagaimana menyiasati agar kita bisa menabung secara cerdas tanpa perlu jadi pelit? Berikut beberapa cara cerdas menabung seperti dilansir dari laman hipwee.com:

1.Tanggal Gajian tiba segera sisihkan uang untuk menabung

Cara nya Setiap kali menerima uang gaji atau uang bulanan, selalu sisihkan uang yang harus kamu tabung di awal. Jangan tunggu sisa pemakaian selama satu bulan, karena akuilah, belum tentu uangmu itu akan bersisa. Selalu saja ada pengeluaran keinginan tak terduga yang membuatmu jadi berlaku konsumtif dan boros.

2. Tentukan Nominal Uang Yang Akan Ditabung
Cara nya tentukan nominal untuk ditabung misalnya pecahan Rp. 5.000 atau Rp. 20.000.
Dengan cara menabung sesuai nominal kamu harus tahu kebutuhan bulananmu berapa dan Jangan sampai Pembagian antara uang tabungan dan keperluan sehari-hari yang kurang bijak justru bisa membuatmu mengusik uang yang tadinya sudah kamu simpan di tabungan.

3. Gunakan Fasilitas Autodebit dari Bank
Cara menabung dengan menggunakan sistim auto debit di rekening bank kita ini teknisnya adalah Setiap kali uang gajimu masuk ke dalam rekeningmu, maka secara otomatis uang gajimu akan terkirim ke rekenaing tabunganmu. Lebih praktis dan lebih aman!

4. Konsisten menabung
Kamu harus konsisten dengan jumlah uang yang mau kamu tabung setiap bulannya. Selama ini aku selalu berusaha supaya minimal 50% dari gajiku masuk tabungan. Kalau bisa lebih dari itu, lebih baik.

Agar tujuan menabungmu bisa cepat tercapai, jangan hanya konsisten untuk selalu menabung di awal bulan. Konsisten jugalah dengan jumlah uang minimal yang kamu tabung. Ini akan memacumu menyesuaikan gaya hidup, pokoknya kamu harus bisa menabung dengan jumlah sekian. Cukup sederhana, bukan?

5.Selalu Bawa Seperlunya
Kalau selama ini kamu sulit menabung karena kebiasaan belanjamu yang agak boros, coba deh terapkan trik ini. Saat pergi ke luar rumah untuk kegiatan sehari-hari, bawalah uang secukupnya saja.

Tidak usah bawa dompet kalau, bisa. Dengan itu, kamu nggak akan tergoda untuk membelanjakan semua uang yang kamu punya. Lah, gimana? ‘Kan sebagian besar uang kontannya kamu tinggal di rumah…

6.Pisahkan Rekening Tabunganmu
Cara nya Buatlah dua rekening berbeda. Yang satu khusus untuk menabung, dan yang satu lagi untuk keperluan pengeluaran tidak terduga. Sisakan lebih banyak uang di rekening pertama, yang khusus untuk menabung.

Uang pemasukan atau simpanan jangka panjang kita pun tidak tercampur dengan uang-uang lainnya.

Gunakan salah satunya untuk menabung. Jangan bikin kartu ATM untuk rekening khusus tabungan ini. Dan tiap awal bulan, langsung sisihkan uang ke rekening ini.

Sebenarnya menabung bisa dengan cara apa saja tergantung dari individu kita masing masing bagaimana menyiasati nya, Yang paling utama cara diatas hanyalah tips. Untuk kamu yang sudah punya semangat menabung silahkan pakai beberapa cara diatas, demikian semiga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel