Ingin Mobil Irit BBM? 9 Cara Ini Boleh Dicoba

Cacatrik.com - Bahan bakar minyak (BBM) merupakan hal utama pada kendaraan dan masalah BBM ini perlu diketahui agar bisa irit terutama bagi pengguna mobil. Seringkali pengguna mobil memiliki keluhan tentang borosnya bahan bakar, terkadang jika anda akan membeli mobil yang menjadi pertimbangan adalah boros atau tidaknya bahan bakarnya.

Semakin boros bahan bakar maka akan semakin banyak uang yang anda keluarkan untuk membeli bahan bakar, apalagi jarak yang akan anda tempuh merupakan jarak jauh jadi akan semakin banyak memerlukan bahan bakar.

Namun Anda jangan khawatir masalah ini karena anda dapat meminimalisir pemakaian BBM, Berikut cara dan triknya:

1. Pastikan kondisi mesin mobil Anda dalam kondisi prima

2. Jangan memanaskan mobil terlalu lama karena jika terlalu lama hanya akan memboroskan bahan bakar mobil anda. Panaskan mobil anda selama 30 detik atau 1 menit saja, karena pada zaman sekarang mobil tidak memerlukan pemanasan mesin terlalu lama.

3. Kurangi beban barang yang tidak perlu pada mobil anda, karena tanpa disadari setiap 100 kg beban yang anda bawa akan memboroskan bahan bakar 1-2 km/liter dan beban yang berat akan memperburuk akselerasi pengendalian. Untuk itu bawa saja barang yang penting dan tinggalkan yang tidak penting.

4. Atur suhu Ac sesuai kebutuhan anda, karena jika suhunya mencapai maksimum sehingga membutuhkan bahan bakar yang lebih. Anda juga bisa mengurangi suhu AC lagi ketika malam hari atau cuaca sedang hujan.

5. Jaga kecepatan secara konsisten, jangan lakukan akselerasi mendadak, semakin sedikit akselerasi akan semakin mengurangi pemakaian bahan bakar. Untuk itu berakselerasilah secara halus.

6. Jangan mengerem mendadak karena mengerem dapat membuang energi. Salah satu cara untuk menghindari ini adalah anda harus menjaga jarak dengan kendaraan lain dan menjaga jarak pandang Anda.

7. Atur putaran mesin pada saat memindahkan gigi manual, jangan terlalu tinggi dan jangan terlalu rendah karena jika terlalu tinggi maka akan semakin banyak bahan bakar terbuang. Sedangkan jika terlalu rendah maka akan membuat mobil kekurangan tenaga dan membutuhkan energi bahan bakar lebih banyak.

8. Gunakan Angine Brake, setinggi apapun perputaran mesin makan bahan bakar yang digunakan tetap 0. Jadi ketika Anda akan mengurangi kecepatan lakukan Angine Brake ya g halus dengan menurunkan gigi secara bertahap.

9. Pantau selalu MID (Multi Information Display) dan Eco-Indikator yang ada di instrumen mobil anda karena hal ini dapat membantu Anda mengurangi penggunaan bahan bakar. Caranya sangat mudah yaitu selalu lakukan riset ketika Anda hendak melakukan perjalanan karena dengan begitu Anda dapat memantau berapa kehematan dalam perjalanan yang anda tempuh.

Jadilah Eco-Driver karena jika Anda dapat menghemat 1-2 liter/hari maka dalam 1 tahun Anda menghemat 700 liter/tahun. Lumayankan? Selamat mencoba 😊

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel