Cara Gadai Sertifikat Rumah di Bank Beserta Persyaratan nya

Cacatrik.com - Bagaiamana cara gadai sertifikat rumah di Bank? apa saja syarat nya? Syarat utama untuk menggadai nya yaitu punya rumah dan punya Sertifikat Hak Milik (SHM). Gadai sertifikat rumah paling terjamin aman memang di Bank.

Kenapa gadai sertifikat terkadang perlu dilakukan? cukup sama tahu saja, yang pasti karena perlu dana dalam jumlah besar 😊. Gadai surat rumah sama saja minjam uang di bank dengan menjamin kan surat rumah.

Jaminan surat rumah kita tersebut fungsi nya agar dana mudah cair dan jika kita tidak bisa mengembalikan maka rumah aoan di sita oleh Bank. Artinya tidak ada yang dirugikan.

Jika anda sudah bulat ingin gadai sertifikat rumah, maka persiapkan bebebrapa dokumen berikut ini

Dokumen Yang Perlu Disiapkan:
  • Fotocopy KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah/Cerai
  • Pas Foto Terbaru Pemohon & Pasangan
  • Slip Gaji Asli Terakhir atau Surat Keterangan Penghasilan
  • Fotocopy SK Pengangkatan Pegawai Tetap
  • Fotocopy Tabungan/Giro di Bank BTN/Bank Lain Minimal 3 Bulan Terakhir
  • Fotocopy SPT Pph PS 21 untuk Pinjaman >50 juta s/d 100 juta
  • Fotocopy NPWP untuk pinjaman > 100 juta
  • Fotocopy Akta Perusahaan SIUP, SITU
  • Fotocopy Izin Praktik
  • Fotocopy SHM/SHGB/IMB
Jika dokumen persyaratan telah lengkap, bank akan memroses pencairan uang Anda selama 7-14 hari kerja. Perlu diketahui, rata-rata bank dapat mengucurkan dana pinjaman mulai dari Rp500 juta sampai dengan Rp1 miliar bergantung dari nilai properti/ rumah anda. 

Taksiran yang dilakukan bank dengan nilai properti anda biasanya dicairkan sebesar 80 persen hingga 90 persen.

Misalnya: Bank telah melakukan surve rumah dan kelengkapan sertifikat anda, lalu pihak bank akan memberikan taksiran harga properti anda, umpama nilai rumah/ruko anda Rp 100 juta maka biasanya akan dicairkan pinjaman sebesar Rp 80 juta (ketentuan masing-masing bank berbeda beda)

Persyaratan:
Punya pendapatan bulanan, Syarat selanjutnya telah berusia minimum 21 tahun dan maksimum 65 tahun, Warga negara Indonesia atau pemegang KITAS, karyawan, pengusaha, dan profesional.

Agar lebih jelas mekanisme nya anda perlu memahami alur seperti yang saya kutip dari laman rumahlia.com tentang Panduan umum gadai sertifikat rumah di bank:

- Datang langsung ke bank
Anda datang langsung ke bank silahkan bertanya-tanya kepada pihak bank mengenai produk pinjaman yang anggunan/jaminannya berupa sertifikat rumah.

Tanyakan kepada pihak bank mengenai besarnya pinjaman yang dapat diberikan bank, besarnya bunga yang akan dibebankan kepada anda.

Besarnya cicilan yang harus anda bayar tiap bulannya (dapat pula meminta untuk mencicil musiman empat bulan sekali, namun besarnya tetap sama yakni besarnya cicilan perbulan akan dikalikan empat).

Tanyakan pula kelengkapan apa saja yang harus anda persiapkan dalam melakukan peminjaman, dokumen apa saja yang mesti anda lengkapi, besarnya biaya administrasi yang harus dikeluarkan pada awal peminjaman, fasilitas apa saja yang bank dapat berikan jika anda dapat melunasi pinjaman lebih awal.

- Bandingkan dengan Bank lain nya
Jangan bertanya pada satu bank saja, Anda perlu mengunjungi beberapa bank sekitar tempat tinggal anda, tujuannya untuk membandingkan suku bunga yang ditawarkan masing masing bank.

Besaran administrasi dan segala fasilitas yang ditawarkan oleh bank mengenai produk kreditnya.

Pilih bank yang memberikan suku bunga paling sedikit dengan biaya administrasi yang paling rendah. Pilih pula bank yang memiliki reputasi dan kredibilitas yang tinggi. Sehingga sertifikat rumah anda aman.

- Mengisi formulir aplikasi pinjaman
Jika sudah benar-benar yakin pada pilihan anda yakni meminjam di bank yang telah anda yakini. Maka selanjutnya anda dapat mengisi formulir aplikasi pinjaman yang diberikan oleh pihak bank. Serahkan formulis aplikasi pinjaman beserta segala persyaratan dan kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

- Menunggu proses verifikasi

Bank akan mengecek aplikasi pinjaman dan segala kelengkapan dokumen yang telah anda serahkan. Bank akan menilai apakah besarnya jaminan yang anda serahkan sesuai dengan besarnya nilai uang yang ingin anda pinjam.

- Pihak bank melakukan survey

Pihak bank akan datang mengunjungi rumah anda untuk melakukan survey dan pengecekan rumah dimana sertifikat yang anda gadaikan untuk memperoleh pinjaman di bank.

Petugas akan melakukan sesi tanya jawab kepada anda mengenai akan digunakan untuk apa uang yang akan anda pinjam, usaha apa saja yang anda jalankan, berapa besarnya penghasilan anda, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Anda tidak perlu panik, anda dapat menjawab pertanyaan petugas apa adanya saja.

Petugas juga akan mengambil gambar rumah anda. Beberapa bank memberlakukan keadaan survey kedua dimana kepala bank akan melakukan survey menindak lanjuti survey yang dilakukan oleh petugas bank sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel