Panduan Cara Mengikuti Pemilihan Duta Bahasa

Cacatrik.com - Duta bahasa merupakan salah satu perlombaan yang dapat menggali potensi diri anda, dimulai dari remaja dan dewasa yang bertuajuan membantu kantoe bahasa dalam menyampaikan pentingnya bahasa indonesia dalam negara kesatuan republik indonesia. Duta bahasa sendiri memiliki selogan yaitu:

1. Utamakan bahasa indonesia
2. Lestarikan bahasa daerah
3. Dan kuasai bahasa asing

Pemilihan duta bahasa merupakan kegiatan dibawah naungan kantor bahasa dalam mensosialisasikan kebahasaan khusunya bahasa indonesia yang baik dan benar serta tidak melupkan bahasa daerah, dan bahasa asing.

Pada dasarnya seorang duta bahasa tidak harus bisa berbahsa asing, tapi lebih mengutamakan bahasa indonesia sebagai hal terpenting. Sebap melihat kondisi saat ini, banyak masyarakat menggunakan bahasa indonesia yang tak sesuai dengan kamus besar bahasa indonesia, tak heran generasi muda saat ini lebih cakap berbahasa alay yang tidak sesuai dengan ejaan bahasa indonesia.

Bahasa indonesia merupakan identitas bagi bangsa indonesia yang sudah kewajiban kita untuk menjaga dan terus memahaminya. Jangan sampai bahasa indonesia dicampur andukan dengan bahasa asing seperti kata "downloadlah, uploadlah," kata bahasa asing tersebut tidak boleh dikaitkan dengan imbuhan. Kecuali bahasa indonesia yang baik dan benar yakni "unggahlah dan unduhlah" nah, kata tersebut baru sesuai dengan aturan dalam kamus besar bahasa indonesia.

Hal itulah menjadi salah satu tugas dari duta bahasa agar dapat memberikan pengaruh positif tentang kebahasaan dan mampu mensosialisasikan penggunaan bahasa indoneseia yang baik dan benar di tengah masyarakat.

Jadi, jika anda seorang duta bahasa lakukan hal positif mengenai pentingnya menggunakan bahasa indonesia sebagai bahasa persatuan. Jangan sampai warga negara indonesia lebih mengutamakan bahasa asing yang tidak sesuai tempatnya.

Masalah tersebut dapat terlihat dari setiap pemberitahuan seperti dikantor dan ditempat-tempat tertentu yang sering kita jumpai di sekitar kita terdapat kalimat "dont smoking" padahal lebih baik ditulis "dilarang merokok".

Itulah yang menjadi tugas duta bahasa yang selalu memberikan informasi penting tentang bahasa indonesia yang baik dan benar sesuai tempat dan kondisinya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel