Gugup Kurang Pede Saat Pidato atau Berbicara? Inilah Cara Mengatasi nya

Cacatrik.com - Gugup saat berbicara atau berpidato biasa disebut Demam Paggung. Biasa nya dialami disaat mengikuti perlombaan atau berbicara dihadapan orang banyak timbul cemas, rasa resah, dan penuh ketakutan. Apalagi jika sudah berada diatas panggung, sebagai contoh ketika kita masuk kategori tiga besar atau enam besar yang harus siap-siap menjawab pertanyaan dewan juri.

Contoh lainnya adalah saat kita dipercaya untuk berpidato ditempat umum, karena tidak terbiasa melakukan sudah pasti gugup, nah berbeda dengan sebagian orang yang sudah terbiasa tentu akan lebih tenang karena sudah terbiasa.

Jika kamu belum pernah sama sekali tampil, saya bisa menebak perasaan tubuh anda ibarat bumi berguncang, panas dingin menggebu-gebu, hingga perasaan tak menentu, bahkan cemas tak tau arah jalan. Tapi tenang saja yang penting kamu fokus baca dan simak artikel ini sampai selesai.

Sebenarnya jiwa kompetisi itu tak pernah ada kata gugup, jangan pernah berkata kurang pede, dan lain-lain. Saat kamu mengikuti berbagai perlombaan pasti kamu pernah merasa down dan selalu pesisimis. Apa penyebabnya mari kita ulas, agar kamu bisa tampil maksimal dihadapan dewan juri apapun jenis pelombaan agar tetap santai dan berwibawa maka ikuti langkah-langkah berikut:

1. Selalu tersenyum

Tersenyum merupakan sifat yang sanaagat mulia sebagai bentuk keramahan diri kita. Kenapa saya tempatkan terseyum di posisi pertama? Karena senyum ini dapat mengubah citra dan aura kita menjadi lebih tenang dan orangpun akan memberikan  nilai tambah bagi anda. Jadi, selalu tersenyum walaupun perasan anda tak menentu tapi dengan sendirnya anda akan lebih santai lagi.

2. Banyak belajar.

Maksudnya adalah pertama kamu pantaskan diri terlebih dahulu, yakni perbanyak membaca artikel agar supaya lidah kamu terbiasa dengan kosa kata, dan tidak belepotan ketika berbicara. Jangan lupa praktek berlatih berbicara, contohnya didepan cermin. Kamu bayangkan sedang berhadapan  dengan dewan juri.

3. Posi tegap dan santai

Perlu kamu ingat bahwa posisi badan akan mempengaruhi posisi kamu diatas panggung. Usahakan posisi badan tegap dan gagah tapi jangan kaku. Begitu juga untuk wanita agar lebih memposisikan bahasa tubuh lebih anggun agar selalu berpacu dalam melodi bagi yang melihat dan menyaksikan penampilan anda.

4. Bahasa yang lantang dan jelas

Disaat menjawab pertanyaan atau memperkenalkan diri didepan umum, yang harus kamu kontrol adalah artikulasi dan intonasi. Karena jika kamu lantang dan jelas berbicaara maka gerogi kamu tidak akan terlihat. Karen pendengar akan larut dalam retorika atau gaya bahasa yang kamu sampaikan. Mudah dan menarikkan untuk di coba.

Nah, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu yang selalu gugug ketika tampil. Semakin banyak belajar, maka kamu akan semakin mantap. Untuk itu, jangan lupa berlatih dan selalu konsisten ya. Yakin saja kamu pasti bisa, selamat mencoba.
(foto lpm-paradigma.org)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel