Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Cara Menerbitkan Postingan Blog Otomatis/Terjadwal, Artikel Ngepos Sendiri

Halo blogger indonesia, saya ingin berbagi cara posting otomatis artikel blog agar posting sendiri sesuai dengan tanggal dan jam yang kita inginkan. Cara ini perlu dilakukan terutama bagi publisher yang memiliki blog/website agar artikel yang sudah ditulis terbit sendiri secara otomatis.

Untuk mengatur blog agar artikel posting sendiri secara otomatis atau terjadwal sangat diperlukan terutama jika kita sibuk atau ingin libur menerbitkan artikel. Nah dengan cara mengatur tanggal terbit dan jam pada setiap artikel kita. Jadi pada saat kita tidak buka blog / website alias libur maka blog kita tetap akan update secara otomatis.

Dengan mengatur jadwal tanggal dan jam pada setiap artikel tentu ini cara paling efektif, kita bisa saja menyetok banyak artikel dan diterbitkan pada tanggal tertentu.

Berikut cara Menerbitkan Otomatis Postingan blog otomatis publish sendiri (Postingan Terjadwal) :
  • Pertama-tama tentu Anda sudah menyiapkan artikel yang ingin diupload secara otomatis ke blog. 
  • Kemudian, lakukan Cara Membuat Postingan di Blogger seperti biasa. Yakni mengklik Entri Baru di dasboard Anda. Isi semua kolom seperti biasa, lalu lihat tab (ikon jam) disebelah kanan postingan. 
  • Dari beberapa menu yang nampak, klik Jadwal. Tampilannya seperti dibawah ini. 
  • Menerbitkan Otomatis Postingan di dua pilihan yang diberikan. Secara defult blogspot mengatur ke jadwal otomatis, yakni postingan akan terupload ketika kita publish saat itu juga, dan pilihan lain adalah Setel tanggal dan waktu. Pilih pilihan yang kedua, Setel tanggal dan waktu.  
Dengan memilih Setel tanggal dan waktu, Anda bisa melakukan pengaturan upload postingan secara otomatis. Lihat gambar dibawah ini, jika sudah memilih kapan tulisan yang Anda buat itu akan terupload, Setelah itu klik Publikasikan.

Anda bisa melakukan penjadwalan hingga batas waktu yang lama. Kuncinya hanya satu, stok artikel Anda cukup banyak, atur penayangannya sehari sekali saja. Semua artikel yang telah dijadwal akan terupload otomatis meski Anda tidak sedang online. Tandanya akan nampak pada postingan Anda, akan ada tulisan Terjadwal. lihat gambar berikut

Sebagai seorang blogger kita tentu tidak memiliki banyak waktu luang yang sama setiap hari. Kadang kala jadwal didunia nyata menyita banyak waktu dan tenaga sehingga kita lupa mengupload tulisan terbaru di blog.

Perlu diketahui bahwa tidak ada batasan jumlah artikel yang akan kita publish otomatis alias tanpa batas, mau setiap hari posting sendiri bisa. Dengan catatan Artikel sudah kita stok artinya sudah kita buat dan dipublish pada kategori masing-masing pada tanggal dan jam yang diinginkan.